Peruri manfaatkan teknologi digital untuk prangko. Dok. Peruri
Peruri manfaatkan teknologi digital untuk prangko. Dok. Peruri

Manfaatkan Tekonologi Digital, Peruri Perkuat Keamanan Prangko

Eko Nordiansyah • 08 Agustus 2022 21:31
Jakarta: Perum Peruri mencetak berbagai jenis seri prangko yang memiliki fungsi sebagai bukti pelunasan biaya pengiriman dokumen maupun sebagai sarana promosi. Beberapa jenis seri prangko telah dicetak Peruri pada momen-momen tertentu, misalnya Prangko Seri Sirkuit Mandalika maupun Prangko Istimewa 50 Tahun Peruri.
 
"Sebagai perusahaan pencetak dokumen sekuriti salah satunya prangko, Peruri selalu meng-improve kualitas prangko baik dari teknik pencetakan yang dilakukan, fitur-fitur sekuriti yang disematkan maupun pemanfaatan teknologi digital," ujar Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya dalam keterangan resminya, Senin, 8 Agustus 2022.
 
Berbeda dengan prangko pada umumnya yang menggunakan teknik pencetakan separasi, Prangko Istimewa dengan tema 50 Tahun Peruri menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat menampilkan gambar 3D jika dipindai menggunakan aplikasi khusus yaitu 'AR Prangko 50th Peruri'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menampilkan objek 3D, juga terdapat cerita tentang sejarah, permesinan dan produk-produk Peruri yang sangat menarik untuk disimak. Pada bagian sampul juga terdapat QR Code yang merupakan bagian dari produk Peruri Tera.
 
Baca juga: Ini Strategi Peruri Dukung Transformasi Digital Pemerintah

Peruri Tera adalah stempel digital Peruri yang terdiri dari QR Code yang dapat menampung data hingga 4.000 karakter, dengan logo perusahaan dapat dikustomisasi dengan hingga 70 persen dari area QR Code. Teknologi-teknologi digital seperti ini merupakan salah satu bentuk dari pengembangan produk hybrid yang dimiliki Peruri.
 
Sebagai BUMN pencetak prangko, Peruri turut berpartisipasi dalam event Kompetisi dan Pameran Filateli Dunia (World Stamp Championship). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi sejarah filateli khususnya kepada generasi muda mengenai barang filateli yang memiliki nilai-nilai penting seperti peristiwa sejarah, pembangunan dan budaya.
 
Tidak hanya prangko, dalam pameran filateli kali ini Peruri juga menampilkan produk logam non uang berupa commemorative coin. Koin ini dicetak oleh Peruri untuk menampilkan sisi eksklusivitas dari produk logam nonuang yang memiliki tema tertentu yang disesuaikan dengan fungsi karakter dan pesan yang ingin disampaikan oleh pemesan.
 
"Saya merasa antusias Peruri dapat berpartisipasi dalam acara internasional ini serta bisa menampilkan salah satu produk kebanggaan yang memiliki nilai historikal bangsa yaitu prangko," pungkas dia.
 
(END)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif