Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno - - Foto: dok Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno - - Foto: dok Kemenparekraf

17 Subsektor Ekonomi Kreatif Diminta Gabung Masuk e-Katalog

Antara • 26 Maret 2022 16:15
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong 17 subsektor di sektor ekonomi kreatif (ekraf) masuk dalam e-Katalog buatan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Hal ini ditujukan agar konsumsi produksi dalam negeri buatan pelaku ekraf semakin meningkat.
 
“Pembelian dan pemanfaatan PDN (produk dalam negeri) yang dilakukan melalui e-Katalog dan toko daring berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 1,7 persen,” ucapnya, Sabtu, 26 Maret 2022.
 
Seperti diketahui, alokasi pengadaan barang/jasa pemerintah harus menyerap dari produk UMKM lokal sebesar 40 persen. Sandiaga pun akan terus memastikan para pelaku ekraf, industri kreatif, serta UMKM kreatif bergabung ke e-Katalog LKPP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“E-katalog LKPP ini sebagai satu-satunya platform digital pemerintah,” terangnya.
 
Dari 17 subsektor ekraf, terdapat tiga subsektor terbesar yang menyumbang 75 persen dari total keseluruhan subsektor terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), yaitu kuliner, fesyen, dan kriya.

 
"Ekraf sendiri menyumbang lebih dari Rp1.100 triliun terhadap PDB Indonesia di tahun 2020. Dari segi pelaku usaha, sektor ekonomi kreatif mencapai delapan juta pelaku usaha," ungkap dia.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif