Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.

Mayoritas Kabupaten/Kota di Luar Jawa Bali Berada di PPKM Level 2

Eko Nordiansyah • 12 April 2022 10:11
Jakarta: Pemerintah mencatat mayoritas kabupaten/kota di luar Jawa Bali berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyakarat (PPKM) level 2. Penurunan level asesmen ini sejalan dengan menurunnya kasus covid-19.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM selama dua pekan ke depan mulai 12 hingga 25 April 2022. Penerapan level PPKM juga mengalami perbaikan signifikan.
 
"Penerapan Level PPKM di luar Jawa-Bali mengalami perbaikan yang signifikan dimana Level 3 turun dari 110 menjadi 43 kabupaten/kota dan Level 1 naik dari 26 menjadi 84 kabupaten/kota," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa, 12 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun rincian komposisi level PPKM di luar Jawa-Bali yaitu, level 1 meningkat menjadi 84 kabupaten/kota, level 2 meningkat menjadi 259 kabupaten/kota, level 3 menurun menjadi 43 kabupaten/kota, serta tidak ada yang berada di level 4.
 
Berdasarkan evaluasi, tidak ada provinsi yang berada di Level 4. Sebanyak 16 provinsi masih memiliki kapasitas respon 'terbatas' akibat testing atau tracing yang terbatas, tujuh provinsi di kategori 'sedang', dan empat provinsi yang masuk kategori 'memadai'.
 
"Dengan kondisi tersebut maka hasil evaluasi adalah untuk Level Asesmen 3 terdapat tujuh provinsi, Level Asesmen 2 ada 17 provinsi, dan Level Asesmen 1 ada tiga provinsi yaitu Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Kepulauan Riau," ungkapnya.
 
Pengaturan lebih lanjut akan diatur dalam Instruksi Mendagri yang baru tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif