Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Generasi Milenial Diharap Ikut Majukan Ekonomi Daerah

Ekonomi ekonomi daerah generasi milenial
Angga Bratadharma • 29 Agustus 2020 10:29
Jakarta: Generasi milenial diharap ikut serta memajukan perekonomian Indonesia terutama di tengah pandemi covid-19. Tidak hanya itu, ekonomi daerah juga perlu berkontribusi positif untuk memaksimalkan laju perekonomian nasional agar dampak buruk dari virus mematikan dengan nama lain korona bisa ditekan sedemikian rupa.
 
Mantan Gubernur Sumatra Barat Gamawan Fauzy mengatakan generasi milenial memiliki peranan penting terutama membangun suatu daerah. Selain itu, generasi milenial juga tetap perlu melestarikan nilai dan adat istiadat yang dimiliki. Kesemuanya diharapkan bisa berkontribusi positif terhadap perekonomian di daerah.
 
"Pelestarian nilai-nilai di masa datang sangat penting untuk menjaga dan menuntun kehidupan masyarakat termasuk di Minangkabau. Siapa yang memainkan peranan? Tentu generasi sekarang yang menyebut dirinya generasi milenial. Kaum milenial menjadi garda terdepan dalam membangun suatu daerah," kata Gamawan, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 29 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gamawan menambahkan pemimpin juga memiliki peranan penting dalam pembangunan dan mengembangkan perekonomian di daerah. Sebagai mantan orang nomor satu di Sumbar, ia pun berharap agar pemimpin Sumbar ke depan bersikap open minded.
 
Hal itu, lanjutnya, dengan bersedia mengajak pakar dari perguruan tinggi dan stakeholder lain untuk menyiapkan konsep dan program strategis demi kemajuan daerah terutama bidang ekonomi dan infrastruktur.
 
"Banyak orang-orang hebat dari universitas dan konsultan yang bisa menyumbangkan pemikirannya, tinggal bagaimana gubernur melakukan koordinasi dan menggerakkan," ujar Gamawan.
 
Berangkat dari hal itu, dirinya pun memberikan nasehat kepada calon kepala daerah yang mau maju untuk memimpin Sumbar, terutama Audy Joinaldy Datuak Rajo Pasisia Alam, Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat, yang menyambangi Gamawan di kediamannya, di Jakarta.
 
"Saya berkunjung ke Bapak Gamawan Fauzy dalam rangka menimba ilmu. Banyak pengalaman beliau yang bisa dijadikan pelajaran dalam rangka kemajuan Sumbar ke depan," kata Audy, yang juga pengusaha di bidang pertanian dan peternakan di kawasan timur Indonesia yakni NTT dan Sulawesi
 
Sementara itu, para generasi muda diminta siap menjadi seorang pemimpin di segala bidang. Namun, hal tersebut harus didukung dengan prestasi dan karakter yang bagus. "Bangsa ini memerlukan Anda (anak muda) dan Anda pasti bisa jadi pimpinan yang paling tinggi di negara kita ini," ujar Wakil Presiden ke-11 RI Boediono.
 
Boediono mengatakan seorang pemimpin dapat lahir dari beragam latar belakang pendidikan. Apalagi sejak muda, dia tak pernah membayangkan seorang teknokrat akan memimpin kurang lebih 270 juta penduduk Indonesia.
 
"Ini lah yang saya kira belum kita catat bagi generasi muda, di negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat ini, Anda bisa menjadi apapun di negeri ini," jelasnya.
 
Lebih lanjut, Boediono berpesan kepada generasi milenial untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tidak sedikit negara-negara yang tengah berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan. "Jaga rumah kita ini bersama-sama tentu generasi tua, seperti kami ini tetap akan mendukung generasi muda," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif