Ilustrasi petani tebu - - Foto: dok Sekolah Lapangan Iklim
Ilustrasi petani tebu - - Foto: dok Sekolah Lapangan Iklim

Pasok Bahan Baku, Anak Usaha RNI Berdayakan BUMDes

Ekonomi Gula Petani rni bumdes tebu
Antara • 06 Oktober 2021 12:42
Jakarta: Anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), PT PG Rajawali II sebagai pengelola PG Jatitujuh berkomitmen memasok bahan baku dari petani tebu.
 
Kerja sama tersebut melalui pemberdayaan UMKM Petani yang bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diharapkan berkontribusi bagi kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar.
 
"Kemitraan tebu harus terus berjalan, karena telah terbukti memberikan dampak positif baik bagi kesejahteraan petani maupun keberlangsungan operasional pabrik," ujar Ardian dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 6 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini tercatat ada 14 BUMDes yang tersebar di Majalengka dan Indramayu. BUMDes di wilayah Majalengka terdiri dari BUMDes Jatimulya dari Desa Jatiraga, BUMDes Pandawa dari Desa Pilangsari, BUMDes Sumber Sejahtera dari Desa Sumber Kulon, BUMDes Mitra Sejahtera dari Desa Sumber Wetan, BUMDes Binangkit dari Desa Pasir Ipis, BUMDes Kertaraharja dari Desa Sukakerta,
 
Kemudian BUMDes Citra Lestari dari Desa Sukamulya, BUMDes Mekarmulya Juara dari Desa Mekar Mulya, BUMDes Mudya Mandiri dari Desa Pangkalan Pari, dan BUMDes Koperasi Manis Jaya dari Desa Tri Selatan. Sementara di wilayah Indramayu terdiri dari BUMDes Bintangkerti dari Desa Kerticala, BUMDes Ruscinta Desa Gadel, BUMDes Tunggul Payung dari Desa Tunggul Payung, BUMDes Koperasi Langgeng dari Desa Tri Utara.
 
Program Kemitraan Budidaya Tebu merupakan program yang bertujuan selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Penyangga, juga memberikan nilai tambah bagi mitra petani, terpenuhinya bahan baku giling pabrik gula dan menciptakan lapangan usaha baru pendukung perkebunan tebu.
 
Kemitraan antara PT Rajawali II dengan Mitra Petani terus mengalami peningkatan. Mulai Musim Tanam (MT) 2018/2019 tercatat sebanyak 1.309 petani, MT 2019/2020 terdapat 1.826 petani, MT 2020/2021 sebanyak 1.986 petani hingga di MT 2021/2022 diupayakan peningkatan hingga sebanyak 2.752 petani.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif