Ilustrasi Pariwisata Indonesia. Foto: Medcom.id. .
Ilustrasi Pariwisata Indonesia. Foto: Medcom.id. .

Traveloka Dorong Pemulihan Pariwisata Indonesia

Antara • 21 September 2023 16:13
Jakarta: Hasil studi layanan audit PwC menunjukkan platform perjalanan Traveloka turut mendorong perekonomian dan industri pariwisata di Indonesia khususnya pascapandemi.
 
Direktur PwC Indonesia Julian Smith mengatakan studi ini mengungkap ripple effect atau efek berdampak besar yang diciptakan oleh Traveloka terhadap berbagai sektor di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara.
 
baca juga: Mengedepankan Langkah Adaptif untuk Jaga Momentum Pertumbuhan Sektor Pariwisata

"Hasil studi ini menggambarkan hubungan simbiosis antara Traveloka dan perekonomian, serta mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam periode di mana ketahanan dan kemampuan beradaptasi menjadi hal yang sangat penting," ucap Julian dalam media briefing Traveloka Impact Study, dilansir Antara, Kamis, 21 September 2023.
 
Hasil Studi PwC juga menyimpulkan, Traveloka turut menstimulasi penciptaan Nilai Tambah Bruto (NTB) di Indonesia sekitar USD10 miliar (Rp153,8 triliun) pada 2019-2022 atau setara lebih dari 360 ribu tenaga kerja di Indonesia setiap tahunnya.

Dari nilai tersebut, USD4,5 miliar (Rp69 triliun) di antaranya berasal dari industri pariwisata, atau setara dengan 2,7 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dari sektor tersebut.
 
Traveloka juga secara signifikan memberikan dampak positif kepada UMKM, dengan 91 persen mitra yang disurvei, termasuk UMKM, menyebutkan Traveloka membantu mereka dalam memperluas jangkauan konsumennya, dan 75 persen di antaranya menyebutkan bahwa pendapatan mereka mengalami peningkatan signifikan berkat program-program Traveloka.
 
Program EPIC Sale dan Live Streams merupakan contoh inisiatif yang Traveloka lakukan untuk mendorong pertumbuhan bisnis mitra dan UMKM.
 
Dari segi promosi budaya dan meningkatkan pariwisata domestik, survei PwC menunjukkan 86 persen dari bisnis yang didukung Traveloka dalam mempromosikan produk dan layanan mereka, memperluas jangkauan pasar, serta mendukung pariwisata lokal melalui akses digital. Peluang kunjungan pada destinasi yang jarang dikunjungi juga mengalami peningkatan sebesar 67 persen pasca pandemi di 2023.

Akui dukungan Traveloka

Hal ini sesuai dengan fakta 86 persen dari bisnis yang disurvei mengakui dukungan Traveloka dalam mempromosikan produk dan layanan mereka, memperluas jangkauan pasar, serta mendukung pariwisata lokal melalui akses digital.
 
Terkait kebiasaan pelaku perjalanan pascapandemi, Traveloka mengamati perubahan dalam cara masyarakat Indonesia menikmati perjalanan, dari yang sebelumnya lebih memilih perjalanan dalam kelompok besar, sekarang lebih memilih pengalaman perjalanan dalam kelompok yang lebih kecil.
 
Terdapat juga peningkatan jumlah wisatawan perempuan, serupa dengan permintaan perjalanan terpendam (hidden gem) yang terjadi di seluruh dunia, serta peningkatan jumlah wisatawan Gen Z yang menikmati kebebasan pasca pandemi dan juga mendapatkan inspirasi dari media sosial.
 
Berdasarkan survei internal pengguna Traveloka mengenai produk keberlanjutan, ditemukan bahwa 88 persen pengguna yang disurvei di Indonesia menghargai pilihan untuk mengimbangi jejak karbon mereka saat memesan penerbangan di aplikasi Traveloka.

Praktik keberlanjutan

Selain itu, 80 persen responden mengatakan bahwa mereka akan lebih cenderung memilih akomodasi yang menerapkan praktik keberlanjutan. Oleh karena itu, Traveloka memasukkan opsi pemfilteran berlabel Sustainable Tourism dalam aplikasinya yang disertifikasi oleh Global Sustainable Tourism Council (GSTC).
 
President Traveloka Caesar Indra mengatakan Traveloka akan terus berinovasi untuk melayani masyarakat Indonesia dan memberikan dampak di pasar dalam negeri – karenanya, perusahaan berfokus untuk memberikan pertumbuhan bagi ekosistem perjalanan dan pariwisata Indonesia, mendorong inovasi dan sumber daya manusia di seluruh negeri.
 
Di seluruh negara tempat Traveloka beroperasi, pengembangan teknologi yang berkelanjutan, pembinaan komunitas, dan pengembangan industri perjalanan dan pariwisata untuk masa depan yang lebih ramah lingkungan menjadi fokus terdepan Traveloka.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan