Ilustrasi rproses produksi vaksin covid-19 - - Foto: dok AFP
Ilustrasi rproses produksi vaksin covid-19 - - Foto: dok AFP

Vaksin Merah Putih dan Buatan Lokal Diproduksi Massal Pertengahan Tahun Ini

Eko Nordiansyah • 16 Januari 2022 20:04
Jakarta: Pemerintah menargetkan vaksin merah putih dan vaksin lokal diproduksi secara massal pada semester II tahun ini. Pengembangan vaksin covid-19 buatan RI ini telah mendapat persetujuan dari kepala negara.
 
"Arahan Bapak Presiden bahwa terkait dengan vaksin dipersiapkan, baik itu vaksin merah putih maupun vaksin yang diproduksi di dalam negeri, ini tentunya akan dipersiapkan di pertengahan tahun ini atau di semester II," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video conference, Minggu, 16 Januari 2022.
 
Sebelumnya, Airlangga menegaskan pengembangan vaksin merah putih yang dilakukan oleh Universitas Airlangga dengan Biotis sudah masuk dalam tahap uji coba. Begitu pula dengan vaksin Nusantara yang digarap oleh BUMN dan Baylor College.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terkait perkembangan vaksin Nusantara, ini akan didorong, dan sekarang ini diterapkan di RS dan tentunya treatment akan sedikit berbeda karena ini sebagai imunoterapi karena ini dalam bentuk alat-alat kesehatan," ungkapnya.
 
Di samping itu, pemerintah juga melaksanakan program vaksin pendorong (booster) bagi masyarakat. Vaksin yang disediakan telah mengantongi izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Berikut vaksin booster yang telah berizin:

  1. Sinovac Coronavax
  2. Pfizer
  3. AstraZeneca
  4. Moderna
  5. Zifivax
"Beberapa sudah mendapatkan EUA dari BPOM yaitu Sinovac Coronavax, Pfizer, Astrazeneca, Moderna, dan Zifivax terkait dengan kesiapan prorgam suntikan ketiga," kata Airlangga pada Senin, 10 Januari lalu.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif