Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA

Pertamina Pastikan Masyarakat Masih Mampu Beli Pertamax

Annisa ayu artanti • 31 Maret 2022 17:12
Jakarta: PT Pertamina (Persero) masih mengkaji besar penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertamax meskipun berhembus kabar BBM tersebut akan mengalami perubahan harga pada 1 April 2022.
 
"Kami masih review penyesuaian harganya, termasuk besarannya," kata Corporate Secretary Subholding Commercial and Trading Pertamina Irto Ginting, kepada Medcom.id, Kamis, 31 Maret 2022.
 
Irto memastikan, penyesuaian BBM dengan kadar RON 92 ini nantinya tetap akan mempertimbangkan daya beli masyarakat. "Kami tetap mempertimbangkan perkembangan minyak dunia dan juga daya beli masyarakat," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memberi sinyal harga pertamax akan segera naik. Sementara untuk pertalite tidak mengalami perubahan lantaran perubahan status pertalite menjadi BBM penugasan yang disubsidi.
 
"Pemerintah sudah memutuskan pertalite dijadikan subsidi, tapi pertamax tidak. Jadi kalau pertamax naik, ya mohon maaf, tapi kalau pertalite disubsidi," katanya.
 
Kenaikan harga BBM dengan kadar RON 92 tersebut seiring dengan kenaikan harga minyak dunia. Pertamax harus menyesuaikan harga sesuai dengan harga keekonomiannya.
 
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meminta restu anggota DPR Komisi VI untuk menaikan harga BBM jenis pertamax. Sebab, hingga saat ini penetapan harga BBM tersebut belum mengikuti mekanisme pasar.
 
"Hari ini pertamax belum mengikuti mekanisme pasar, jadi dukungan untuk pertamax masih perlu," kata Nicke.
 
Ia menjelaskan, saat ini Pertamina baru menaikkan BBM jenis pertamax turbo, dexlite, dan Pertamina dex yang secara volume hanya dua persen dari total volume konsumsi BBM Pertamina. Kenaikan tiga BBM tersebut mengikuti perkembangan harga minyak dunia yang meningkat.
 
Sementara untuk harga pertamax belum disesuaikan. Padahal harga BBM dengan kadar RON 92 seharusnya sesuai dengan mekanisme pasar. Adapun harga pertamax hari ini adalah Rp9.000 per liter. Harga tersebut tidak naik dalam dua tahun.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif