Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Astra Optimistis Perpanjangan Relaksasi PPnBM Dongkrak Penjualan Mobil

Annisa ayu artanti • 16 Juni 2021 11:16
Jakarta: PT Astra International Tbk (ASII) optimistis angka penjualan mobil Astra terus membaik hingga akhir tahun seiring dengan relaksasi Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor hingga Agustus 2021.
 
Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto mengatakan, optimisme perseroan juga didukung oleh positifnya data ekonomi Tanah Air serta program vaksinasi yang terus dilakukan pemerintah. Tercatat berdasarkan data Bank Indonesia, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) telah meningkat menjadi 104,4.
 
"Kami berharap angka tersebut berada di posisi ini hingga akhir tahun, seiring dengan berjalannya program vaksinasi nasional covid-19, menguatnya Indeks Keyakinan Konsumen, dan rencana perpanjangan kebijakan relaksasi PPnBM 100 persen dari Maret hingga Agustus 2021," kata Boy dalam keterangan tertulis, Rabu, 16 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil Astra sepanjang tahun 2021 mulai meningkat dan pulih dibandingkan dengan penjualan pada tahun lalu.
 
Pada Januari 2021 tercatat penjualan mobil astra sebanyak 26.830 unit. Lalu pada Februari 2021 sebanyak 26.502 unit. Kemudian pada Maret 2021 tercatat sebanyak 45.251 unit. Selanjutnya pada April dan Mei 2021 tercatat penjualan sebanyak 41.676 unit dan 28.8370 unit.
 
"Penjualan mobil tiga bulan terakhir telah kembali normal di kisaran angka sebelum pandemi covid-19," ucapnya.
 
Seperti diketahui, pemerintah memutuskan memperpanjang diskon 100 persen tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor hingga Agustus 2021.
 
Keputusan tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi.
 
"Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di Tanah Air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, belum lama ini.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif