Head of Digital Marketing BCA Life Vera Lisnan. Foto: Medcom.id/Husen.
Head of Digital Marketing BCA Life Vera Lisnan. Foto: Medcom.id/Husen.

BCA Life Genjot Kesadaran Asuransi Anak Muda

Husen Miftahudin • 05 Maret 2024 12:19
Jakarta: PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) bersama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk mendorong kesadaran (awareness) berasuransi generasi muda melalui asuransi digital MyGuard, yang diluncurkan pada awal tahun lalu.
 
Karena berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat penetrasi asuransi di Indonesia pada 2021 masih rendah dan baru mencapai 3,18 persen, yang terdiri dari penetrasi asuransi sosial 1,45 persen, asuransi jiwa 1,19 persen, asuransi umum 0,47 persen, dan sisanya asuransi wajib.
 
Parahnya lagi, sebanyak 56,5 persen Generasi Milenial dan Generasi Z hanya memiliki tabungan dana darurat yang mencukupi kebutuhan sehari-hari selama kurun waktu tiga bulan atau kurang dari tiga bulan.

"Salah satu efek digital secara asuransi ini adalah awareness. Salah satu contohnya, terpapar informasi di media sosial, ada produk asuransi, pasti produknya dipelajari. Sebenarnya itu adalah salah satu dari awareness yang kami bangun," ucap Head of Digital Marketing BCA Life Vera Lisnan dalam acara diskusi di Mini Studio BCA pada BCA Expoversary 2024 di ICE BSD City, dikutip Selasa, 5 Maret 2024.
 
Produk MyGuard ini sendiri merupakan channel pemasaran asuransi jiwa secara digital, sebagai pelengkap kebutuhan para nasabah BCA dan BCA Life dalam memproteksi jiwa di tengah tingginya tingkat mobilitas masyarakat saat ini.
 
MyGuard lebih menyasar generasi muda (Generasi Milenial dan Generasi Z), mengingat cara pengajuannya yang secara penuh melalui kanal digital m-banking BCA Mobile dan tanpa medical check up.
 
Meskipun, Vera sendiri mengklaim produk asuransi ini juga dibeli oleh generasi Generasi X dan Baby Boomer, karena dapat dimiliki oleh usia 18-64 tahun.
 
"Kalau yang ini saya sudah bilang usia bisa 64 tahun. Asuransi digital tidak hanya anak muda, karena buktinya umur 64 tahun bisa beli," tegas dia.
 
Adapun, produk asuransi jiwa MyGuard menawarkan lima paket perlindungan jiwa dengan manfaat uang pertanggungan mencapai Rp1 miliar. Premi yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai dari Rp147 ribu per tahun atau kurang dari Rp15 ribu per bulan.
 
Masa pertanggungan asuransi jiwa MyGuard satu tahun, tetapi akan diperpanjang secara otomatis sampai tertanggung berumur 99 tahun sepanjang pemegang polis membayar premi.
 
Baca juga: Mau Mudik Lebaran? Ini Asuransi yang Wajib Dibeli Biar Gak Gelisah!

Berikut ini paket asuransi jiwa MyGuard yang ditawarkan BCA Life:


1. MyGuard
Paket asuransi yang memberikan manfaat meninggal dunia karena sakit atau penyakit maupun kecelakaan hingga Rp1 miliar.
 
2. MyGuard - Accident Care
Paket asuransi yang memberikan manfaat meninggal dunia karena kecelakaan hingga Rp2 miliar serta manfaat penggantian biaya perawatan medis karena kecelakaan hingga Rp25 juta per tahun.
 
3. MyGuard - Critical Care
Paket asuransi yang memberikan manfaat meninggal dunia dengan uang pertanggungan hingga Rp1 miliar ditambah manfaat penyakit kanker tahap awal dan manfaat penyakit kritis tahap akhir hingga 100 persen uang pertanggungan.
 
4. MyGuard - Hospital Care
Paket asuransi yang memberikan manfaat meninggal dunia dengan uang pertanggungan hingga Rp500 juta dilengkapi dengan santunan tunai harian rawat inap rumah sakit, santunan tunai harian rawat inap unit perawatan intensif, dan manfaat tindakan bedah sesuai pilihan yang diambil nasabah.
 
5. MyGuard - Health Care
Paket asuransi yang memberikan manfaat meninggal dunia dengan uang pertanggungan hingga Rp500 juta, manfaat penyakit kritis, santunan tunai harian rawat inap rumah sakit dan unit perawatan intensif dan manfaat tindakan bedah sesuai yang diambil nasabah.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan