Pada bulan Ramadan, orang-orang juga berbelanja lebih banyak baik untuk memenuhi kebutuhan hingga berbagi bingkisan kepada orang terdekat.
Pendiri Pisang Goreng Madu Bu Nanik, Nanik Soelistiowati, dan pendiri Imunlimun Yulia Rahmayanti membagikan beberapa kiat agar UMKM sukses menghadapi peningkatan pesanan selama Ramadan.
1. Pahami waktu yang tepat
Nanik mengatakan salah satu rahasia sukses bagi usahanya adalah memahami waktu yang tepat agar dapat melakukan langkah-langkah yang tepat, guna memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat selama Ramadan."Kita sudah tahu timing-nya. Misalnya kalau sudah lewat pukul 12, kita harus sudah mulai siap-siap untuk (melayani pelanggan) pada pukul 4 atau 5 sore karena pesanan akan melonjak menjelang jam buka puasa," kata Nanik melansir Antara, 13 April 2023.
Baca juga: Tak Melulu Isi Kue, Ini Ragam Ide Isian Hamper yang Dijamin Laris Manis |
2. Bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan
Saat pesanan meningkat, tak menutup kemungkinan proses operasional menjadi agak terlambat. Yulia mengatakan, komunikasi yang baik dengan pelanggan akan sangat membantu menghindari salah paham dan rating yang buruk terhadap usaha yang sedang dijalani."Misalnya sekarang, kan, lagi ramai hamper (bingkisan). Kalau hamper itu kan agak ribet karena banyak perintilannya, seperti menyusun buah dan hiasan-hiasannya, sehingga pengirimannya paling H+1. Ini harus dikomunikasikan ke pelanggan. Tetap di-update (perbarui kabar) terus ke pelanggan kalau ada kendala," kata Yulia.
3. Tetap pertahankan kualitas
Yulia juga mengatakan, meskipun pemesanan menjadi meningkat selama Ramadan, penjual harus tetap mempertahankan kualitas agar pelanggan tidak kecewa. Hal itu penting karena rating yang baik akan sangat membantu pertumbuhan usaha.4. Manfaatkan teknologi
Terakhir, mereka menyarankan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi termasuk dalam melakukan pengiriman barang ke pelanggan.Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News