Ilustrasi panel surya. Foto : Perusahaan.
Ilustrasi panel surya. Foto : Perusahaan.

Perusahaan Farmasi Gunakan Panel Surya sebagai Sumber Energi

Ekonomi PLTS industri farmasi Energi Terbarukan
Eko Nordiansyah • 20 April 2022 16:48
Jakarta: PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL), perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, meresmikan panel surya di salah satu fasilitasnya, yaitu National Distribution Center Cikarang, Jawa Barat. Sebanyak 1.506 panel surya dengan kapasitas 813 kWp akan menghasilkan energi sebesar lebih dari satu juta kWh per tahun.
 
Peresmian ini dilakukan oleh APL President Director Christophe Piganiol, Vice Minister Embassy of Japan Masami Tamura, Deputy Ambassador Embassy Swiss Philippe Strub, serta Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat Ai Saadiyah Dwidaningsih.
 
Christophe mengatakan APL turut berperan aktif dalam mengedepankan nilai keberlanjutan dalam bisnis. APL memiliki empat pilar keberlanjutan, salah satunya mengedepankan aspek lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satu inisiatif yang kita lakukan adalah melalui peresmian solar panel hari ini. APL akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak strategis untuk mencapai misi keberlanjutan kita melalui inisiatif-inisiatif lainnya," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 April 2022.
 
Untuk mewujudkan hal ini, APL menjalin kolaborasi dengan PT ATW Alam Hijau (kerja sama antara Shizen Energy Group dan ATW Group). Direktur Utama PT ATW Alam Hijau Soichiro Nishimori mendukung langkah APL untuk mengurangi pemakaian energi dan mendukung sumber energi terbarukan.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada APL yang telah mendukung inisiatif hijau di antara perusahaan-perusahaan Cikarang. Kami akan berkomitmen untuk mengoperasikan solar panel dengan baik melalui teknologi yang terdepan," ungkapnya.
 
Sementara itu, Ai Saadiyah mengapresiasi APL untuk inisiatif dan investasi di bidang sustainability. Menurutnya, upaya ini sejalan dengan komitmen untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sehingga bisa diikuti perusahaan lainnya.
 
"Di tengah kondisi pandemi covid-19 saat ini, Kami sangat mengapresiasi pelaku industri dalam kepeduliannya terhadap lingkungan. Kami berharap langkah APL dapat menjadi contoh bagi pelaku industri swasta lainnya," ujar dia.
 
Christophe menambahkan, APL berupaya untuk mengembangkan pilar-pilar sustainability. Selain di fasilitas NDC Cikarang, APL juga tengah mempersiapkan pemasangan solar panel untuk APL Medan dan ditargetkan untuk dapat segera rampung tahun ini.
 
"Melalui perwujudan nyata program-program sustainability, APL berharap APL dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan secara langsung," pungkas Christophe.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif