Menteri Perdagangan M Lutfi. FOTO: dok Kemendag
Menteri Perdagangan M Lutfi. FOTO: dok Kemendag

Indonesia-Inggris Perkuat Hubungan Perdagangan dan Investasi

Antara • 24 Februari 2022 07:01
Jakarta: Indonesia dan Inggris berupaya memperkuat hubungan perdagangan dan investasi. Upaya tersebut dilakukan melalui pertemuan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan di Jakarta.
 
Pertemuan tersebut merupakan pertama digelar dalam rangka Joint Economy and Trade Comittee (JETCO) Indonesia-United Kingdom yang disepakati April 2021. "Selama pertemuan kita mendiskusikan beberapa isu, termasuk meningkatkan transaksi perdagangan kedua negara," kata Lutfi, dilansir dari Antara, Kamis, 24 Februari 2022.
 
Selain itu, Mendag menyampaikan bahwa kedua negara juga membahas soal kerja sama energi terbarukan, makanan, minuman, pertanian, serta keterikatan keduanya di Forum G20 dan World Trade Organization (WTO).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga membahas step selanjutnya apa yang dapat dikerjasamakan dua negara di masa yang akan datang," ujar Lutfi.
 
Khusus untuk sektor energi hijau, makanan, minuman dan pertanian, Indonesia-Inggris juga telah membentuk dua kelompok kerja. Mendag berharap melalui kelompok kerja tersebut bisa terjalin kesepakatan konkret antara kedua negara. Salah satunya terkait perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) di masa depan.
 
Sementara itu, Anne menyampaikan, total nilai perdagangan Indonesia-Inggris telah mencapai 2,6 miliar poundsterling. Melalui JETCO, lanjutnya, Pemerintah Inggris ingin memperkuatnya dan melihat potensi besar di antara kedua negara.
 
"Indonesia dan Inggris memiliki potensi untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan investasi," pungkas Anne.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif