Pelabuhan Patimban dipercaya bakal mendorong industri otomotif Tanah Air. Foto: MI/Reza Sunarya.
Pelabuhan Patimban dipercaya bakal mendorong industri otomotif Tanah Air. Foto: MI/Reza Sunarya.

Pelabuhan Patimban Bakal Mudahkan Ekspor dan Impor Otomotif

Ekonomi Kementerian Perhubungan pelabuhan patimban
Insi Nantika Jelita • 16 November 2020 15:18
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, bakal memajukan perekonomian karena mendorong kemudahan ekspor dan impor dalam industri otomotif.
 
Adapun proyek tahap satu pembangunan pelabuhan ditargetkan beroperasi secara terbatas pada Desember 2020.
 
"Adanya Patimban kemudahan bagi industri otomotif dalam hal ekspor maupun impor. Patimban bakal menjadi pelabuhan utama untuk melakukan ekspor dan impor serta distribusi ke seluruh Indonesia," jelas Budi dalam 'Dialog Publik: Pelabuhan Patimban dan Pengembangan Ekonomi Daerah', dikutip dari Mediaindonesia.com, Senin, 16 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi menjabarkan dalam pembangunan tahap satu Pelabuhan Patimban, bakal memiliki terminal kontainer seluas 35 hektare (ha) dan berkapasitas 250 ribu TEUs. Lalu car terminal ini memiliki dermaga berukuran 25 ha dengan kapasitas 218 ribu CBU.
 
"Ini jelas ada pergerakan baru dunia logistik. Sebelumnya harusnya ke Tanjung Priok dulu bisa (distribusi), dengan ada Patimban memiliki akses alternatif. Desember ini kita gunakan pertama kali untuk car terminal," ungkap Budi.
 
Dengan adanya akses Patimban, bisa meningkatkan perekonomian nasional. Pelabuhan Patimban menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) berada di area seluas 369 ha dan backup area mencapai 356 ha, dengan biaya investasi total hingga mencapai Rp43,2 triliun.
 
"Perekonomian di Jawa Barat akan berkembang dan secara nasional. Pelabuhan ini juga memberikan suatu alternatif akses dalam distribusi barang otomotif, seperti di Karawang banyak produksi otomotif," pungkas Budi.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif