Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi - - Foto: MI/ Amiruddin Abdullah
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi - - Foto: MI/ Amiruddin Abdullah

Diangkat Jadi Mendag, M Lutfi: Ibarat Wasit Tinju

Ekonomi Reshuffle Kabinet Kementerian Perdagangan M.Lutfi
Annisa ayu artanti • 22 Desember 2020 22:07
Jakarta: Dua kali menjabat sebagai menteri perdagangan, Muhammad Lutfi mengibaratkan menteri perdagangan sebagai wasit tinju yang harus memastikan jual beli dalam perekonomian berjalan lancar.
 
"Saya akan berjanji, karena menteri perdagangan itu kalau dianalogikan sebagai wasit bertinju, pembeli dan penjualnya adalah petinjunya dan rakyat Indonesia adalah penontonnya," kata Lutfi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 22 Desember 2020.
 
Menurutnya jika wasit tidak melakukan sesuatu yang sesuai dengan tugasnya, maka pertandingan tersebut diindikasikan terjadi kecurangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oleh sebab itu saya berjanji menjadi transparan, kementerian ini akan mematikan juga bahwa ekonomi Indonesia berjalan secara baik, efisien untuk menyejahterakan bangsa dan negara," jelasnya.
 
Pada 2014 lalu, Lutfi saat dilantik menjadi Kepala BKPM mengibaratkan menteri perdagangan sebagai wasit sepakbola.
 
"Pokoknya, Menteri Perdagangan ini kalau dalam permainan sepakbola harus seperti wasit," ucap Lutfi, di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Agustus 2014 lalu.
 
Ia menjelaskan seorang menteri perdagangan seharusnya tak bisa dipengaruhi oleh berbagai pihak dalam mengambil keputusan seperti wasit dengan adil, cermat, pintar, serta cepat.
 
"Jadi wasit itu bukan hanya mesti adil, (tapi juga) mesti pintar dan mesti cepat. Kalau wasitnya ketinggalan di belakang itu akan sulit. Itu pengalaman saya selama menjadi menteri (perdagangan)," paparnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif