Ilustrasi logo ExxonMobil - - Foto: dok AFP
Ilustrasi logo ExxonMobil - - Foto: dok AFP

Oleh-oleh dari AS, Pertamina Gandeng ExxonMobil Perkuat Ketahanan Energi Nasional

Ekonomi Pertamina indonesia-as exxon mobil Ketahanan Energi menlu retno lp marsudi
Suci Sedya Utami • 19 September 2021 18:17
Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi turut menyaksikan pertemuan dan penandatangan kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dan ExxonMobile. Penandatanganan dilakukan di sela-sela kunjungan kerja Retno ke Amerika Serikat.

"Di Houston, acara saya bersama Pak Wamen adalah untuk melakukan pertemuan dengan ExxonMobil dan akan menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Pertamina dengan ExxonMobil," kata Retno dilansir dari akun Youtube Kemlu, Minggu, 19 September 2021.
 
Retno mengatakan kerja sama ini memiliki arti penting terutama dalam upaya memenuhi kebutuhan energi dalam negeri dan mendukung pembangunan ketahanan energi nasional.
 
Kerja sama Pertamina-ExxonMobil diharapkan dapat mendorong hilirisasi dan pemanfaatan teknologi pemrosesan bagi Pertamina untuk meningkatkan produksi, pengembangan kilang dan petrokimia, serta memperluas akses pasar produk turunan migas yang bernilai tambah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia bilang, peluang kerja sama penurunan emisi dan transisi energi Indonesia melalui teknologi hijau, seperti carbon capture dan upaya dekarbonisasi lainnya juga dibahas dalam pertemuan tersebut.
 
"Khusus untuk ExxonMobil dan Pertamina, ini tentunya merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Kemlu dengan Kemen BUMN untuk mendukung BUMN Go-Global, yang intinya mendukung kerja sama BUMN dengan dunia luar, termasuk investasi keluar yang sifatnya strategis," jelas Retno.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif