Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Surplus Neraca Perdagangan Bukan Indikator Pemulihan Ekonomi

Ekonomi neraca perdagangan indonesia Ekonomi Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 16 September 2021 15:54
Jakarta: Surplus neraca perdagangan pada Agustus 2021 yang mencetak rekor surplus selama 16 bulan secara beruntun tidak bisa menjadi indikator pemulihan ekonomi. Apalagi surplus lebih banyak dipengaruhi oleh berkurangnya impor, meskipun kinerja ekspor juga mengalami peningkatan.
 
Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan, surplus neraca perdagangan tidak bisa menjadi acuan bahwa ekonomi sudah pulih dari dampak pandemi. Bahkan menurut dia, surplus ini juga tetap terjadi pada saat ekonomi Indonesia mengalami resesi pada tahun lalu.
 
"Surplus neraca perdagangan bukan indikator pulihnya ekonomi. Tahun lalu saat kita resesi, ekspor sudah mulai naik dan kita surplus. Jadi surplus tidak berarti ekonomi sudah pulih," kata dia kepada Medcom.id, Kamis, 16 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, alasan lain bahwa surplus tidak mencerminkan pemulihan ekonomi juga karena kontribusi ekspor terhadap perekonomian yang masih kecil. Apalagi hampir 80 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia didorong oleh konsumsi dan investasi.
 
"Sumbangan ekspor terhadap perekonomian kita relatif kecil. Perekonomian kita lebih digerakkan oleh konsumsi dan investasi," ungkapnya.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD4,74 miliar pada Agustus 2021. Surplus terjadi setelah ekspor mencapai USD21,42 miliar sedangkan impor sebesar USD16,68 miliar.
 
Secara kumulatif dari Januari hingga Agustus 2021, neraca perdagangan Indonesia juga masih surplus USD19,17 miliar. Hal ini disebabkan oleh ekspor nasional sebesar USD142,01 miliar sedangkan impor hanya sebesar USD122,83 miliar.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif