Ilustrasi Multi Bintang Indonesia. Foto: Dokumentasi MLBI.
Ilustrasi Multi Bintang Indonesia. Foto: Dokumentasi MLBI.

Inovasi Berkelanjutan Bikin Produsen Bir ini Solid di Semester I-2025

Annisa ayu artanti • 21 Agustus 2025 16:18
Jakarta: PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), bagian dari The HEINEKEN Company, berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang solid pada semester pertama 2025. 
 
Pertumbuhan ini tak lepas dari keunggulan portofolio produk, strategi inovasi berkelanjutan, serta posisinya sebagai pemimpin pasar di kategori bir lager dan bir rasa.
 
Selain performa keuangan yang kokoh, perseroan juga terus memperkuat komitmennya terhadap keberlanjutan, transformasi digital, serta tata kelola perusahaan dengan pembaruan di jajaran Dewan Komisaris.

Pendapatan naik

Pada paruh pertama 2025, perusahaan membukukan pendapatan bersih Rp1,472 miliar, tumbuh 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba kotor juga meningkat 5 persen menjadi Rp867 miliar.

“Di tengah dinamika pasar yang terus berkembang dan tantangan ekonomi global yang masih berlangsung, kami bangga dengan capaian Multi Bintang Indonesia pada semester pertama ini," ujar President Director Multi Bintang Indonesia, Roland Bala dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 Agustus 2025.
 
Baca juga: Pendapatan Bluebird Tumbuh 15% di Semester I 2025

BINTANG dan Heineken dorong pertumbuhan pasar

Portofolio BINTANG tetap menjadi tulang punggung pertumbuhan. BINTANG Anggur Merah dan BINTANG Radler menunjukkan peningkatan volume yang sehat, sementara strategi premiumisasi melalui Heineken® berhasil mencatatkan pertumbuhan tahunan dua digit berkat strategi distribusi dan pemasaran yang agresif, khususnya di Batam.
 
Ke depan, perseroan menargetkan penguatan posisi pasar melalui BINTANG Pilsener serta inovasi baru seperti BINTANG Arak Jeruk & Madu, menyasar konsumen utama sekaligus menjangkau pasar non-reguler.
 
"Kami akan senantiasa memprioritaskan inovasi merek dan menjaga standar operasional yang unggul, sekaligus mempererat hubungan dengan konsumen melalui berbagai pengalaman yang berkesan," tambah Roland.

Transformasi digital dan adaptasi konsumen

Multi Bintang Indonesia juga gencar mendorong digitalisasi lewat Digital Backbone (DBB), sebuah program global HEINEKEN yang menghubungkan lebih dari 300 proses bisnis dengan analisis data real-time. Program ini ditargetkan meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing.
 
Selain itu, perseroan memperkuat perdagangan digital dengan Order Management System (OMS) dan platform eB2B yang telah menghasilkan pendapatan miliaran rupiah serta ribuan pengguna aktif hingga pertengahan 2025.
 
Perseroan juga jeli melihat tren konsumen, terutama generasi muda yang mengutamakan keberagaman, keaslian merek, dan komitmen pada keberlanjutan.

Komitmen keberlanjutan dan dampak sosial

Lewat program Brew a Better World (BaBW), Multi Bintang Indonesia terus mempercepat transisi menuju emisi nol bersih dengan pemasangan panel surya di fasilitas produksi, pemanfaatan energi terbarukan, hingga mencapai 157 persen positive water balance di Mojokerto dan Tangerang.
 
Di bidang sosial, perseroan aktif dalam pemberdayaan masyarakat lewat pengelolaan sampah, kompos modern, hingga program turunan bambu yang menopang ekonomi lokal. 
Edukasi konsumsi bertanggung jawab juga diperkuat lewat kampanye media sosial dan peluncuran video edukatif.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan