Chief Executive Officer (CEO) Chemistry, Fauzy Harmoko. Foto: dok Wellfest.
Chief Executive Officer (CEO) Chemistry, Fauzy Harmoko. Foto: dok Wellfest.

Mendorong Ekosistem Beauty and Wellness Tanah Air

Ade Hapsari Lestarini • 13 Agustus 2024 08:09
Jakarta: Indonesia Wellness Festival (Wellfest) 2024 menjadi penggerak ekosistem beauty dan welness di Tanah Air, termasuk mendukung pelaku usaha dan meningkatkan literasi masyarakat terkait pentingnya wellness serta pengenalan produk pendukungnya.
 
"Wellfest diharapkan jadi kegiatan rutin tahunan yang dapat direplikasi di daerah dalam bentuk serupa. Kita memberikan edukasi, pemahaman, dan informasi kepada masyarakat terkait pentingnya wellness dan pengenalan produk pendukungnya yang aman, bermanfaat, dan bermutu," ujar Plt. Kepala BPOM Rizka Andalusia saat membuka Appreciation Day Wellfest 2024, dikutip Selasa, 13 Agustus 2024.
 
Ia menjelaskan, upaya edukasi ini sejalan dengan program pemerintah untuk mengutamakan unsur promotif preventif, yang intinya meningkatkan aktivitas membuat kesehatan jadi lebih baik secara menyeluruh, bukan hanya mengobati dan menyembuhkan.

"Selain ingin membuat masyarakat sehat, di satu sisi kita juga ingin membuat industri kita sehat dengan melakukan berbagai kegiatan business matching baik antara produsen dengan konsumen, maupun buyer ekspor dengan industri yang menghasilan bahan baku," lanjut Rizka seraya memaparkan kesuksesan Wellfest 2024 dalam memfasilitasi kolaborasi para pelaku usaha agar semakin berdaya saing baik di pasar lokal maupun global.
 
Wellfest 2024 yang digelar 2-4 Agustus 2024 melibatkan 67 pelaku usaha yang mengisi 80 booth dan hampir 350 ribu pengunjung yang antusias. Wellfest mengelar beragam talkshow dan workshop edukatif yang bermanfaat bagi para pelaku usaha dan masyarakat.
 
Melalui BPOM Help Desk di Wellfest 2024, BPOM mengeluarkan sejumlah surat Keputusan Registrasi, Izin Edar, dan Notifikasi; serta Pendampingan bagi 44 UMKM. Sejumlah kerja sama yang bersifat pentahelix juga telah ditandatangani secara resmi dalam event tersebut.
 
 
Baca juga: Thailand Ekspansi Bisnis Kesehatan dan Kecantikan di Asia Tenggara

Wellfest ciptakan lapangan kerja


Chief Executive Officer (CEO) Chemistry, Fauzy Harmoko, selaku inisiator dan penyelenggara Wellfest 2024 menyampaikan, dari sisi dampak ekonomi, selain nilai transaksi yang dirasakan langsung melalui pemasaran produk dan layanan, Wellfest 2024 juga menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 500 tenaga kerja kreatif sepanjang penyelenggaraan kegiatan.
 
Ia pun menggarisbawahi, Wellfest merupakan wujud kerja sama berbagai stakeholder, terutama dukungan Pemerintah dan BPOM selaku regulator, para pelaku usaha, komunitas, pemberi edukasi, pengisi acara, media, serta Key Opinion Leader (KOL) yang turut mengoptimalkan dampak positif Wellfest 2024.
 
"Chemistry menghadirkan Wellfest untuk menjadi hub bertemunya semua kepentingan, untuk sharing role dan responsibilities, lahir dari kolaborasi banyak pihak," ujar Fauzy.
 
Ia berharap, Wellfest 2025 akan memberikan imbas positif yang lebih besar. Serta dengan dukungan semua pihak, Wellfest 2025 diharapkan dapat memiliki lingkup lebih luas, memfasilitasi konektivitas lebih dalam, juga merangkul cluster yang lebih beragam agar manfaatnya pun lebih besar.
 
Berikut sejumlah capaian dalam Wellfest 2024:
 

1. Dampak ekonomi.


Wellfest 2024 melibatkan tenant berlatar belakang industri Kosmetik, Kesehatan (Obat Bahan Alam dan Suplemen Kesehatan), Wellness Lifestyle (wellness center/ klinik spa/ asosiasi dokter pengobat herbal), wisata kebugaran atau wellness tourism, UMKM binaan BPOM, Kementerian/Lembaga/BUMN, dan Asosiasi Pelaku Usaha. Total nilai ekonomi dirasakan langsung oleh para pelaku usaha selama tiga hari penyelenggaraan mencapai ratusan juta rupiah.
 

2. Program dukungan UMKM dan pengesahan kolaborasi.


Pada pembukaan Wellfest 2024, dilakukan peluncurkan Program Orang Tua Angkat UMKM Kosmetik, UMKM Meet Market, serta Modul Langkah Awal Memulai Usaha Obat Bahan Alam dan Kosmetik. Juga pelaksanaan Penandatangan Komitmen Orang Tua Angkat UMKM Obat Bahan Alam dan Kosmetik.
 

3. BPOM Help Desk.

4. Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) BPOM.

5. Business matching


Wellfest 2024 juga berhasil mempertemukan Japan External Trade Organization (JETR) Indonesia dengan lima UMKM untuk berproses lebih lanjut dalam akses pasar di Jepang. Selain itu, event ini juga berkaitan dengan agenda Kemenparekraf dalam kegiatan 2nd Indonesia Health Tourism Exchange Forum (IHTEF) melibatkan empat industri farmasi di Kedeputian 2 yang bernegosiasi dengan 40 buyers di industri wellness tourism atau wisata kebugaran.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan