Ilustrasi. Foto: dok.MI
Ilustrasi. Foto: dok.MI

Ekspansi Bisnis, Pengusaha Restoran Kumpulkan Dana Melalui Crowdfunding

Eko Nordiansyah • 15 Desember 2021 22:53
Jakarta: Pandemi covid-19 yang belum tak menghalangi restoran dessert (pencuci mulut) yang mengusung tema makanan penutup sehat ala Asia, Hong Tang untuk melanjutkan rencana ekspansi pada 2022. Rencana ekspansi tersebut dilakukan dengan platform equity crowdfunding, LandX.id, yang akan bertindak sebagai layanan urun dana bersama.
 
Founder dan Chief Executive Officer LandX.id Andika Sutoro Putra mengatakan, bisnis makanan penutup tumbuh menjadi tren sangat populer dalam dekade terakhir, kami melihat Hong Tang yang sudah berdiri selama satu dekade masih tetap konsisten dengan inovasi dan kolaborasinya di tengah tren dessert yang bergerak sangat cepat.
 
"Brand-nya pun sudah dikenal oleh masyarakat luas dan menjangkau segala umur, tidak heran berinvestasi di bisnis ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 15 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bergabung di LandX, Hong Tang berencana melakukan ekspansi dengan menambah lima gerai dan dua gerai multibrand melalui penghimpunan dana dari pemilik modal. Nantinya 75 persen kepemilikan saham dari gerai-gerai baru tersebut akan dimiliki oleh investor yang telah menanamkan modalnya di aplikasi LandX.id.
 
"Dengan modal mulai dari Rp1 juta, investor sudah memiliki saham dari Hong Tang dengan dividen yang diperkirakan berkisar 15 sampai dengan 25 persen dalam enam bulan," ungkapnya.
 
Direktur Hong Tang Indonesia Andrew Surya Iskandar menambahkan, penambahan gerai baru ini akan berada di pusat perbelanjaan besar di Jakarta. Gerai terbaru dari Hong Tang akan berlokasi di Pondok Indah Mall 2, Summarecon Mall Kelapa Gading 3, Gandaria City, Summarecon Mall Bekasi, dan Broadway Alam Sutera.
 
"Sedangkan untuk dua gerai multibrand akan berlokasi di Taman Palem, Citra 6, dan Taman Galaxy Bekasi. Dengan rencana ekspansi tersebut, membuat gerai Hong Tang menjadi lebih dari 25 gerai sejak didirikan di Indonesia pada tahun 2011," ujar dia.
 
Kedatangan gerai Hong Tang untuk pertama kali pada 2011 telah membuat viral karena memiliki beberapa konsep interior yang berbeda di setiap outletnya mengikuti desain dan konsep yang sedang tren saat itu. Tujuannya agar pengunjung tidak merasa bosan saat mengunjungi berbagai gerai Hong Tang.
 
Lebih dari 100 menu dessert, minuman, serta produk makanan ringan lainnya dengan konsep dessert sehat dan terbaik dari seluruh Asia, seperti Taiwan, Hong Kong, Thailand, Jepang, dan masih banyak lagi. Hong Tang juga menawarkan berbagai menu populer seperti Grass Jelly 28 dan Q ball sebagai toping andalan.
 
Selain itu, Hong Tang mempunyai sebuah Project bernama Tang Kitchen yang akan dibuka di dua gerai multi brand dengan menggunakan konsep bangunan ruko dua lantai, yang terdiri dari outlet dine-in Hong Tang di lantai satu dan multi brand F&B di lantai dua dengan beberapa brand F&B ternama yang turut meramaikan.
 
Komisaris Hong Tang Indonesia Vincent Surya Iskandar mengatakan, selain menambah keragaman menu makanan dan minuman yang bisa dinikmati pengunjung, kelima brand yang tersedia di Tang Kitchen tersebut juga merupakan bagian dari Project Hong Tang sehingga akan menguntungkan perusahaan.
 
"Dengan kata lain, keuntungan penjualan seluruh brand di Tang Kitchen merupakan bagian dari keuntungan Project Hong Tang dan akan menambah dividen yang akan diterima oleh pemilik saham Project Hong Tang di platform LandX.id," pungkas dia.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif