Ilustrasi. FOTO: MI/Gino F Hadi
Ilustrasi. FOTO: MI/Gino F Hadi

Apkasindo Klaim Larangan Ekspor CPO Tidak Berdampak pada Harga Sawit

Ekonomi Ekspor minyak sawit Kelapa Sawit CPO CPO Sawit
Antara • 26 April 2022 07:46
Banda Aceh: Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Aceh Utara menyatakan keputusan pemerintah melarang ekspor CPO atau minyak mentah sawit tidak berdampak pada harga Tandan Buah Segar (TBS) di daerah itu.
 
Ketua Apkasindo Aceh Utara Kastabuna mengatakan sejauh ini belum ada dampak pada harga TBS kelapa sawit setelah adanya kebijakan larangan ekspor CPO.
 
"Setelah adanya kebijakan larangan ekspor CPO, harga TBS sawit di Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya masih stabil yakni pada kisaran Rp3.200 hingga Rp3.365 per kilogram," katanya, dilansir dari Antara, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, harga TBS kelapa sawit di daerah lain terdampak pada larangan ekpos CPO tersebut. Di beberapa daerah di Aceh terjadi penurunan harga TBS kelapa sawit hingga Rp1.000 per kilogram.
 
Kastabuna mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan harga TBS kelapa sawit di lapangan setelah keluarnya kebijakan larangan ekspor bahan baku minyak goreng tersebut.
 
"Apkasindo juga meminta kepada pemangku kepentingan memantau dampak dari keputusan tersebut dan menindak tegas jika adanya pabrik kelapa sawit yang nakal memainkan harga TBS kelapa sawit," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif