Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

UMKM Gorontalo Utara Didorong Manfaatkan Digital untuk Pacu Pertumbuhan

Antara • 03 Juli 2022 10:30
Gorontalo: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu untuk segera go digital. Diharapkan hal itu bisa berdampak terhadap pertumbuhan UMKM di masa mendatang.
 
"Harus ada produk UMKM dari daerah ini yang masuk ke pasar nusantara, dan peluang itu terbuka lebar jika kita dapat memanfaatkan banyak platform digital," kata Anggota Komisi I DPRD Gorontalo Utara Lukman Botutihe, di Gorontalo, dilansir dari Antara, Minggu, 3 Juli 2022.
 
Peluang go digital, kata dia, harus dapat dimaksimalkan dalam upaya menembus pasar nusantara maupun dunia. Apalagi banyak produk UMKM asal daerah ini yang mulai menjadi oleh-oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara. Hal itu seperti di bidang kuliner, busana mengandalkan kain karawo sulaman khas perajin lokal, maupun produk UMKM unggulan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya pun akan memanfaatkan keberadaan Pak Zulkifli Hasan, sebagai Menteri Perdagangan dalam upaya memperkenalkan produk UMKM asal daerah ini. Beliau (Zulhas) juga beberapa kali berkunjung ke Gorontalo sehingga pasti memiliki informasi yang luas terkait produk-produk khas daerah ini yang layak dipasarkan global," katanya.
 
Olehnya, peluang mengembangkan produk UMKM dari daerah ini diyakini terbuka lebar. DPRD pun mendorong pemkab melalui instansi teknis terkait untuk menangkap setiap peluang agar produk UMKM dapat masuk ke pasar global.
Baca: Pemerintah Diminta Tak Terkecoh dengan Stok Beras

Tentu dengan memanfaatkan banyak platform digital yang dapat disinergikan melalui lintas sektor, sehingga diharapkan produk-produk UMKM mampu berkembang pesat dari kualitas dan kuantitas untuk dapat dipromosikan ke ruang global.
 
Lukman berjanji akan lebih menyuarakan banyak aspirasi pelaku UMKM ke tingkat nasional melalui Kementerian Perdagangan. Hal itu agar produk-produk lokal dengan kualitas terbaik mendapat kesempatan dalam ajang promosi nusantara dan internasional.
 
"DPRD juga berharap pemkab memberi dukungan penuh terhadap upaya pelaku UMKM untuk berkreasi dan meningkatkan produksi," katanya.
 
Program pendampingan pun harus diperkuat, di samping dukungan anggaran melalui bantuan permodalan yang akan meningkatkan produktivitas para pelaku UMKM. Ia meyakini, upaya yang kuat dalam mendorong produk UMKM masuk ke ruang digital (go digital), akan mendorong semangat pelaku UMKM untuk terus berkarya dan berkreasi.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif