Presiden Joko Widodo. Foto : MI/Ramdani..
Presiden Joko Widodo. Foto : MI/Ramdani..

Perintah Jokowi soal Skema Bantuan UMKM

Ekonomi umkm joko widodo
Theofilus Ifan Sucipto • 29 April 2020 14:35
Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan beberapa skema bantuan pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dilaksanakan dengan tepat. Hal itu untuk memastikan sektor UMKM bertahan di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
Jokowi menyebut skema pertama adalah mendata masyarakat miskin dan rentan pada dampak korona. Dia meminta seluruh bantuan sosial berupa paket sembako, pembebasan tarif listrik, dan kartu prakerja menjangkau kelompok tersebut.
 
“Kita harus memastikan mereka masuk sebagai bagian dari penerima bantuan sosial,” kata Jokowi dalam teleconference, Jakarta, Rabu, 29 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi meminta insentif perpajakan difokuskan bagi pelaku UMKM dengan omzet di bawah Rp4,8 miliar per tahun. Pemerintah, kata dia, juga menurunkan tarif pajak penghasilan (PPh) Final selama enam bulan dari April hingga September 2020.
 
Skema ketiga adalah melakukan relaksasi dan restrukturisasi kredit UMKM berupa penundaan angsuran dan subsidi bunga. Apalagi, terdapat 6,4 juta nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekar dan 10,6 juta debitur di Pegadaian.
 
“Saya minta agar penundaan angsuran subsidi bunga diperluas untuk usaha mikro penerima bantuan usaha dari pemerintah daerah,” ucap Kepala Negara.
 
Jokowi juga memerintahkan perluasan pembiayaan UMKM berupa stimulis bantuan modal kerja. Dia mengatakan ada 41 juta UMKM yang sudah terhubung dengan lembaga pembiayaan perbankan.
 
Kendati begitu, masih ada 23 juta UMKM yang belum terjamah lembaga pembiayaan. Jokowi ingin seluruh UMKM benar-benar mendapat bantuan melalui skema lain seperti PNM Mekar dan Pembiayaan Ultra Mikro (UMI).
 
Selain itu, lanjut Jokowi, kementerian lembaga, BUMN, dan pemerintah daerah harus mendukung UMKM. “Misalnya menjadi pembeli bagi hasil produksi pelaku UMKM,” tutur mantan gubernur DKI Jakarta itu.
 
Jokowi menegaskan pemerintah daerah mengalokasikan anggarannya untuk stimulus bagi UMKM. Dalam teleconference itu, dia meminta Kementerian Dalam Negeri untuk menyampaikan tugas itu.
 
“Kita harapkan UMKM bisa bertahan di tengah pandemi covid-19 ini,” ucap dia.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif