Ilustrasi industri TPT. Foto: Dok. Kemenperin
Ilustrasi industri TPT. Foto: Dok. Kemenperin

Emiten Tekstil Optimistis UU Ciptaker Beri Banyak Manfaat bagi Industri

Ekonomi Emiten industri tekstil Omnibus Law UU Cipta Kerja
Annisa ayu artanti • 12 Oktober 2020 17:52
Jakarta: Emiten tekstil menyambut pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja karena diyakini akan memberikan banyak manfaat bagi industri Indonesia di masa depan.
 
PT Pan Brothers Tbk (PBRX), emiten manufaktur sub sektor tekstil dan garmen menyatakan dengan payung hukum anyar akan memberikan banyak benefit bagi industri seperti peningkatan dari segi daya saing dan produktivitas industri.
 
"Omnibus Law ini menjawab tantangan generasi muda dan menjawab tantangan dunia kepada Indonesia dari sisi competitivenes (daya saing) dan produktivitas," kata Vice Chief Executive Officer Pan Brothers Anne Patricia Sutanto kepada Medcom.id, Senin, 12 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari sisi perusahaan yang menyediakan kebutuhan sandang, Anne melanjutkan adanya Undang-Undang ini akan memberikan kemerdekaan bagi kebutuhan sandang dalam negeri.
 
"Kita kan enggak mau dijajah ekonomi dengan bangsa lain. Caranya bagaimana? Ya dengan cara kita harus lebih produktif efisien. Lini-lini dalam semua klaster harus mampu beradaptasi dengan kemajuan dunia. Sehingga kita kan bisa mandiri," ucapnya.
 
Lebih lanjut, Anne menambahkan Undang-Undang Cipta Kerja juga akan menjawab tantangan global. Penerapan Undang-Undang tersebut akan menjadi modal bagi para pelaku usaha khususnya industri tekstil dan produk tekstil (TPT) untuk bersaing dengan industri global.
 
Hal itu ditekankannya karena pesaing Indonesia di industri TPT yakni Vietnam, Bangladesh, Kamboja, dan Myanmar terus berupaya memperbaiki sistem untuk mengambil hati pasar.
 
"Itu kompetitor kita dari segi TPT, karena pembeli luar negeri bukan hanya beli di Indonesia. Dan dalam 12 tahun terakhir terlihat grafik kenaikan devisa ekspor Bangladesh dan Vietnam untuk sektor TPT," jelasnya.
 
Anne pun mengimbau kepada masyarakat untuk memahami Undang-Undang Cipta Kerja secara keseluruhan. Sebab, tak hanya berdampak positif bagi industri tetapi juga Undang-Undnag Cipta Kerja akan menjadi solusi angka pengangguran yang terus meningkat.
 
"Kalau dipahami holistik oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ini tidak merugikan bangsa kita dari berbagai sudut," pungkasnya.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif