"Saat ini kami sudah melakukan pemasangan girder box untuk menyambungkan struktur layang pada trase dengan menggunakan girder launcher, dan ini akan terus berlangsung sampai semua girder box terpasang di seluruh pier KCJB," kata Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 6 November 2021.
Dwiyana menjelaskan Girder Launcher merupakan teknologi yang berperan penting dalam kelancaran percepatan pembangunan KCJB yang ditargetkan beroperasi di akhir 2022. Dengan penggunaan girder launcher, proses konstruksi KCJB bisa tetap terlaksana tanpa harus mengganggu lalu lintas di sekitar titik konstruksi.
"Karena lokasinya yang berada di lokasi padat dan ramai, efisiensi pengerjaan menjadi fokus yang sangat penting. Jadi proses instalasi girder box dengan girder launcher ini tidak akan berdampak besar pada lalu lintas di sekitarnya," jelas dia.
Ia menambahkan, kalau pemasangan girder box sudah berhasil dilakukan di tiga Casting Yard berbeda, yaitu Cikarang, Karawang, dan Bandung. Menurut dia, proses instalasi girder box di tiga lokasi tersebut berjalan secara cepat, efisien, dan tanpa hambatan karena sudah melalui tahap uji dan dinyatakan layak untuk digunakan untuk pengerjaan konstruksi layang KCJB.
Girder launcher yang digunakan untuk struktur layang KCJB adalah Box Girder Erection Machine produksi pada tahun 2020, yang dirancang untuk mampu mengangkat beban hingga 900 ton. Mesin dengan motor listrik sebagai penggerak ini, memiliki tingkat angkat kurang lebih delapan meter dengan kecepatan angkat mencapai 0,8 sampai 0,9 meter per menit.
"Kami menggunakan Box Girder Erection Machine yang sudah melalui tahap pengujian dan dinyatakan layak digunakan. Launcher ini mampu mengangkat beban sampai 900 ton dan memiliki kecepatan angkat 0,8 sampai 0,9 meter per menit. Ini adalah mesin launcher terbesar yang pernah digunakan di Indonesia yang mampu menyelesaikan pemasangan girder box dengan lebih cepat dan efisien," ungkapnya.
Secara teknis, girder box tersebut akan diangkut ke atas batang pier menggunakan Beam Lifting Crane. Lalu, proses instalasi girder box akan berlangsung di atas batang pier menggunakan Girder Launcher yang sebelumnya telah terpasang. Selain itu, ada juga Transporter Machine yang sudah disiapkan di atas girder box yang sudah terpasang untuk 'mengoper' girder box ke girder launcher.
Selain itu, proyek pembangunan trase KCJB juga memiliki girder launcher canggih yang digunakan pada struktur terowongan berjenis Through-Tunnel Box Girder Erection Machine. Girder launcher ini memiliki fleksibilitas yang tinggi karena memungkinkan operator mesin untuk menekuk sayap launcher, sehingga mesin mudah dilepas-pasang saat pemasangan girder box di struktur terowongan.
"Girder launcher jenis ini membuat pemasangan girder box di dalam terowongan pada trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung lebih cepat dan efisien ketimbang cara lama dengan memasang penyangga di bawahnya, yang umum dilakukan dalam pembangunan jembatan tol. Terlebih, proyek KCJB memiliki 13 terowongan," lanjut dia.
Saat ini, progres pembangunan proyek KCJB sudah mencapai 79 persen. Dengan target operasional KCJB yang ditetapkan pada akhir 2022, KCIC terus melakukan percepatan pembangunan di seluruh titik konstruksi secara komprehensif, termasuk pemasangan girder box untuk seluruh struktur layang (elevated) yang berada di trase KCJB.
Selain itu, empat stasiun untuk kebutuhan operasional KCJB yang terdiri dari Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar pun terus dikebut pembangunannya. Termasuk di dalamnya fasilitas-fasilitas untuk mengintegrasikan KCJB dengan transportasi publik lainnya agar terkoneksi dengan wilayah strategis di sekitar stasiun seperti perumahan, kawasan komersial, perkantoran, hingga pariwisata.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News