Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, hingga hari ini kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100 persen seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1Tbps kemarin malam.
Tak hanya itu, pemulihan juga tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back-up dan alternatif khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
"Dengan demikian, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband sudah seratus persen kembali normal," kata Pujo dalam keterangan tertulis, Jumat, 24 September 2021.
Sementara terkait dengan perbaikan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut, Pujo menjelaskan, pihak Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship, dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel.
Perbaikan kabel laut ini diperkirakan akan selesai pada minggu kedua Oktober, bahkan bisa lebih cepat.
Pada saat yang sama, Telkom telah melakukan upaya rerouting dan back-up link, sehingga perbaikan layanan TelkomGroup termasuk IndiHome dapat kembali normal seperti sediakala dan dinikmati pelanggan tanpa perlu menunggu selesainya penyambungan kabel laut tersebut.
"Berbagai upaya ini dilakukan guna memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan beragam layanan TelkomGroup. Semoga pelanggan dapat kembali beraktivitas secara digital dengan nyaman," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id