baca juga: Menperin Targetkan 95% Proyek BUMN Pakai Produk Dalam Negeri |
Salah satu anak usaha Modena Group, PT Modena Forma Indonesia yang berdiri sejak 2017 berkomitmen mendukung program pemerintah tersebut. Caranya dengan berinvestasi lebih lanjut membangun lini produksi tambahan untuk lebih beragam produk-produknya. Dimulai dari produk kompor dan Water Dispenser yang sudah dimulai sejak tahun lalu, kini bertambah ke produk-produk peralatan rumah tangga lainnya.
"Komitmen Modena dalam pengembangan industri dalam negeri dapat terlihat melalui keberhasilan kami mengembangkan lini produksi baru untuk produk-produk refrigerator, chest freezer, washing machine, dan kitchen sink," ucap Vice President Operation Modena Harry Afriyandi dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 Mei 2024.
Dia menuturkan pengembangan yang difokuskan oleh Modena bukan hanya pada keberhasilan dalam melakukan produksi di dalam negeri, tapi juga berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan kandungan lokal dalam setiap barang yang diproduksi.
Hal ini sejalan dengan arah kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan penggunaan sumber daya nasional yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan nilai TKDN sebagai bagian dari upaya menekan impor.
"Terkait sertifikasi produk-produk Modena, upaya yang sudah kami jalankan adalah dengan melakukan self-assessment nilai TKDN dari berbagai produk-produk kami, agar produk-produk tersebut dapat selanjutnya menjadi kebanggaan sebagai produk buatan dalam negeri," tambah Harry.
Peningkatan keterampilan organisasi
Lebih lanjut, untuk menunjang upaya-upaya di pengembangan industri yang berdaya saing tentunya harus ditopang oleh tenaga-tenaga terampil dan unggul. Untuk itu, Modena secara konsisten menerapkan berbagai metode dan pola pelatihan yang bertujuan memberikan pembekalan dalam bentuk program peningkatan keterampilan (upskilling), serta pembaruan keterampilan (reskilling) di semua lini organisasinya.Setiap langkah yang diambil juga melakukan pengembangan industri nasional, aspek 'Keberlanjutan' bukan sekadar nilai korporat, melainkan juga prinsip yang dijalankan dalam setiap aspek bisnisnya. Hal ini mencakup bagaimana Modena selalu berinovasi agar produk-produk yang dihasilkan hemat energi dan ramah lingkungan.
"Kami percaya keberhasilan pengembangan lini produk di dalam negeri akan menjadi tonggak mewujudkan visi kami untuk menjadi mitra pemerintah dalam membangun industri dalam negeri yang tangguh dan berdaya saing dengan tetap mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan dalam setiap langkah bisnisnya," tutup Harry.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News