Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.

Ingat! Jangan Pelesiran Selama PSBB Ketat

Ekonomi menko perekonomian PSBB
Eko Nordiansyah • 07 Januari 2021 13:39
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta kepada masyarakat untuk tidak peleserian selama pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Rencananya pengetatan kembali PSBB akan dijalankan mulai pekan depan.
 
Ia menegaskan masyarakat jangan sampai bepergian keluar rumah untuk kebutuhan yang tidak perlu. Meski bukan pelarangan, namun pemerintah akan membatasi mobilitas masyarakat tanpa menutup akses untuk kegiatan-kegiatan esensial.
 
"Kita mendorong mobilitas kalau tidak perlu ya di rumah. Tidak perlu berpelesir, karena pelesir itu tempat-tempat umum ditutup semua," kata dia dalam video conference di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini menambahkan mobilitas untuk urusan logistik dan kegiatan perekonomian tetap akan diizinkan. Namun untuk mobilitas antar wilayah akan mengikuti sesuai ketentuan yang sudah ada.
 
"Kalau mobilitasnya antar misalnya penerbangan itu kan kita sudah ada regulasinya terkait dengan PCR test dan yang lainnya. Yang diatur pemerintah adalah di daerah ramai atau tempat dimana berkumpul, apakah itu di mal, apakah itu di pasar," ungkapnya.
 
Selain itu, Airlangga memastikan, pembatasan di sejumlah tempat seperti perkantoran, restoran, tempat ibadah, hingga transportasi umum dimaksudkan untuk menekan angka penyebaran covid-19. Artinya pemerintah tak hanya fokus pada klaster perkantoran saja.
 
"Memang klaster saat sekarang sudah semakin banyak, tidak hanya klaster perkantoran tetapi juga di klaster rumah tangga. Sehingga klaster ini seluruhnya perlu dijaga dengan disiplin protokol kesehatan. Sekali lagi ini adalah pembatasan bukan pelarangan," tegas dia.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif