Rumah Sakit (RS) Pulau Galang merupakan rumah sakit khusus pasien covid-19 yang dibangun sejak 9 Maret 2020. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Rumah Sakit (RS) Pulau Galang merupakan rumah sakit khusus pasien covid-19 yang dibangun sejak 9 Maret 2020. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Waskita Rampungkan Fasilitas RS Darurat Covid-19 Pulau Galang

Ekonomi waskita karya virus corona rumah sakit rujukan covid-19
Husen Miftahudin • 13 April 2020 13:05
Jakarta: PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi dan karantina untuk pengendalian infeksi virus korona (covid-19) di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau.
 
Rumah Sakit (RS) Pulau Galang merupakan rumah sakit khusus pasien covid-19 yang dibangun sejak 9 Maret 2020. Rumah sakit yang ditujukan untuk mengantisipasi melonjaknya pasien covid-19 di Indonesia ini telah rampung dan diresmikan operasionalnya pada 6 April 2020.
 
Senior Vice President Building Division Waskita Karya Septiawan Andri mengatakan dalam proyek pembangunan RS Darurat Covid-19 Pulau Galang ini pihaknya mengerjakan beberapa pekerjaan seperti satu gedung screening, satu gedung pos jaga, satu gedung isolasi ICU 20 beds.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian dua gedung observasi 100 beds (masing-masing 50 beds), satu gedung power house, satu gedung asrama pegawai 40 beds, dua gedung asrama perawat 80 beds (masing-masing 40 beds), satu gedung asrama perawat 30 beds, satu gedung asrama dokter delapan beds, central gas medic, pos pantau helikopter, dan STP.
 
"Semua gedung yang dikerjakan sudah diisi perlengkapan (full furnished) termasuk dukungan teknologi di dalamnya seperti negatif pressure dan hepa filter di ruang isolasi, AC, jaringan telepon dan internet, MATV, sambungan listrik PLN dan genset, CCTV, sound system, fire alarm, dan instalasi penunjang alat kesehatan lainnya dengan standar rumah sakit atau bangunan infeksius," ujar Septiawan dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 13 April 2020.
 
Sedangkan pekerjaan penataan kawasan yang dilaksanakan Waskita adalah landscape di setiap gedung, drainase seluruh kawasan, saluran keliling bangunan, tiga buah helipad, jalan rigid seluruh kawasan, pagar BRC seluruh kawasan, penerangan jalan dengan solar panel seluruh kawasan, sinage kawasan, lapangan olahraga, serta selasar antargedung di seluruh kawasan.
 
Dalam menyelesaikan proyek-proyek tersebut perusahaan berupaya mengukuhkan komitmen seluruh insan Waskita terhadap K3LM melalui perbaikan SOP, metode kerja, dan peningkatan disiplin para pegawai.
 
"Sebagai bentuk komitmen Waskita Karya mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik dan profesional, maka dalam melaksanakan pekerjaan Waskita Karya mengedepankan aspek quality, health, safety, dan environment dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia dengan standar operasional bermutu tinggi berdasarkan prinsip-prinsip good corporate governance (GCG)," tutup Septiawan. 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif