Ilustrasi pinjaman koperasi - - Foto: MI/ Panca Syurkani
Ilustrasi pinjaman koperasi - - Foto: MI/ Panca Syurkani

Cara Koperasi Bertahan di Tengah Pandemi

Ekonomi Kredit koperasi pandemi covid-19
Annisa ayu artanti • 25 September 2020 14:14
Jakarta: Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP SMS) menjalankan sejumlah strategi untuk mempertahankan kinerja di tengah pandemi covid-19. Sebab, pandemi berimbas terhadap segala aktivitas perekonomian dan bidang usaha.
 
"Pandemi yang sama-sama sedang kita hadapi bersama, terus terang yang dilakukan di masa pandemi oleh kita adalah konsolidasi ke dalam," kata Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati Ceppy Y Mulyana dalam diskusi virtual, Jumat, 25 September 2020.
 
Ceppy menjelaskan pihaknya terus memberikan pinjaman bagi para anggota yang membutuhkan. Kemudian mengoptimalkan satu produk digital yakni Sobatku dalam meningkatkan inklusi keuangan dan memudahkan akses keuangan di seluruh lapisan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi dengan anggota kita lakukan pertemuan dan kita berikan gambaran bagaimana kinerja kita. apa upaya yang dilakukan. karena anggota kita ini banyak juga yang terdampak," ucapnya.

 
Digital Channel & Product Development KSP Sahabat Mitra Sejati Oktavia Laksmi Wardani menambahkan melalui Sobatku diharapkan terjadi pertumbuhan jumlah anggota koperasi.
 
"Kontribusi tentu menambah jumlah anggota, memudahkan bagaimana meningkatkan value added. Dengan bertambahnya anggota diharapkan anggota tersebut adalah anggota berkualitas dan aktif," kata dia.
 
Adapun jumlah pengguna Sobatku sekitar 20 ribu, atau hampir 70 persen dari anggota koperasi yang berjumlah 30 ribu.
 
Per Juni 2020 KSP SMS telah melakukan penyaluran pinjaman sebanyak Rp2,4 triliun. Selain itu, total simpanan per Juni 2020 sebesar Rp3,2 triliun dan total aset sebesar Rp3,5 triliun.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif