Tri Haryanto (kanan), pemilik toko bangungan Tulung Agung di Klaten, Jawa Tengah menjadikan Semen Gresik sebagai pilihan dalam penjualan zak semen. Foto: dok SIG.
Tri Haryanto (kanan), pemilik toko bangungan Tulung Agung di Klaten, Jawa Tengah menjadikan Semen Gresik sebagai pilihan dalam penjualan zak semen. Foto: dok SIG.

SIG: Potensi Sektor Infrastruktur SIG Solo Raya Terus Moncer

Ade Hapsari Lestarini • 29 September 2023 09:57
Jakarta: PT Semen Indonesia Tbk (SIG) mengatakan Solo Raya merupakan wilayah yang memiliki potensi untuk terus berkembang, khususnya di sektor infrastruktur. Hal ini ditandai dengan banyaknya proyek-proyek baru yang bermunculan, seperti pembangunan perumahan, gedung perkantoran, hingga proyek pemerintah.
 
"SIG memfasilitasi sinergi antara SIG dan para pemilik toko, mempererat silaturahmi dan membantu menciptakan peluang-peluang bisnis baru," kata Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 September 2023.
 
Saat ini, SIG memiliki enam merek semen yang kuat dan menjadi pemimpin pasar di masing-masing regionalnya, antara lain Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa, Dynamix, Semen Andalas, serta Semen Baturaja. SIG menawarkan produk semen kantong multiguna hingga produk semen untuk aplikasi khusus yang lebih ekonomis, serta berbagai tipe semen curah yang sesuai dengan karakteristik dari tiap jenis proyek sehingga lebih tepat guna dan efisien.

SIG juga menghadirkan solusi beton yang telah dikembangkan, seperti SpeedCrete untuk perbaikan jalan yang memiliki kekuatan dini dan performa tinggi yang dapat kering dalam hitungan jam. Kemudian ada ThruCrete, produk beton berdaya serap tinggi untuk meminimalkan genangan air.
 
 
Baca juga: Ini Dia Spesifikasi Beton SIG Penopang Konstruksi LRT Jabodebek

 
"SIG juga telah meluncurkan inovasi produk semen hidraulis tipe HE pertama di Indonesia yang telah lulus uji di Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Kementerian Perindustrian," ungkap Vita.
 
Sejalan dengan itu, Vita Mahreyni mengatakan dua produk SIG yaitu Semen Gresik dan Dynamix merupakan merek semen terfavorit di Solo Raya. Hal ini tidak lepas dari peran pemilik toko bangunan yang berpengaruh terhadap pemilihan produk semen berkualitas oleh tukang bangunan dan para pemilik rumah.
 
"Dua merek semen SIG ini meraih penghargaan semen terfavorit pilihan masyarakat Solo Raya dalam ajang Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2023. Dukungan dari para pemilik toko bangunan telah membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Semen Gresik dan Dynamix sehingga penyerapan dua produk ini di Solo Raya terus mengalami peningkatan," jelas Vita.
 

Memperkuat jaringan pemasaran


Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional 2023 dan memperkuat jaringan pemasaran, SIG mengadakan retailer gathering untuk wilayah Solo Raya bertema "Budaya Adiluhung untuk Indonesia Maju". Kegiatan ini menjadi bentuk apresiasi terhadap para pelanggan setia SIG ini dihadiri oleh 350 pemilik toko bangunan yang berasal dari berbagai daerah di Solo Raya, antara lain Solo, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Klaten, Surakarta, Wonogiri, dan Sukoharjo.
 
Retailer Gathering di Solo Raya ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Retailer Gathering yang diselenggarakan oleh SIG di sejumlah kota di wilayah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.
 
Tri Haryanto (45 tahun), pemilik toko bangunan Tulung Agung di Klaten mengatakan, pihaknya merasa bersyukur karena terpilih sebagai juara I program spot selling pembelian semen terbanyak dengan membeli 1.472 ton semen hingga mendapatkan hadiah utama sepeda motor. Pihaknya mengaku, sejak awal merintis toko bangunan sejak 1997 bersama orang tua, produk Semen Gresik menjadi pilihan utama untuk dijual ke pasaran.
 
"Mulai awal dulu kita hanya menjual 5 atau 10 zak, semakin kesini semakin berkembang. Keunggulan Semen Gresik ini, kita tidak perlu menawarkan dengan susah payah, konsumen sudah pasti mau, karena memang sudah teruji kualitasnya sejak dulu," ungkap Tri Haryanto.
 
Pernyataan senada disampaikan Irwan Hari (44 tahun), pemilik toko bangunan Luwes di Wonogiri. Ia mengatakan, ketika persaingan pasar semakin sengit, end user harus diberikan pemahaman lebih bagaimana memilih produk terbaik.
 
"Memberi pemahaman produk itu wajib, karena kita pelaku retail. Penjelasan produk dan kegunaan, hingga pada titik memberi masukan dan mengatasi keluhan, terutama pada tenaga konstruksi yang memiliki peran penting pada pemilihan produk," ujar Irwan Hari.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan