"Bagaimana cara kita memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran secara digital? Kalau kita berbicara bisnis di era digitalisasi ini, tentunya kita harus tahu pasarnya siapa," ujar Anggota Komisi I DPR RI Lodewijk F Paulus, dalam webinar Aptika Kominfo, dikutip Senin, 3 April 2023.
Pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk dengan menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Media sosial atau media digital menjadi fasilitas untuk membangun hubungan dengan konsumen secara langsung.
Data Essential Digital Headlines mencatat pada Januari 2023 disampaikan total populasi Indonesia adalah 276,4 juta orang, kemudian dari 276 juta lebih yang terkoneksi oleh telepon seluler adalah 353,8 juta. Artinya ada sekitar 128 persen dari total jumlah penduduk atau 28 persen dari penduduk Indonesia menggunakan handphone lebih dari dua.
"Dari 128 persen populasi yang kita miliki, ada 212,9 juta orang yang menggunakan internet. Serta dari 212 juta orang lebih ada 167 juta orang yang aktif di media sosial. Era digital dapat mengubah perilaku dan kebiasaan di zaman sekarang. Selain itu era digital juga dapat mengubah pola kebutuhan, contohnya lebih penting mana sekarang dompet atau HP yang ketinggalan?" jelasnya.
Menurut dia, era digital dapat mengubah cara berkomunikasi. Jika dulu masih menggunakan surat untuk mengetahui kabar, sekarang cukup dengan smartphone dan internet yang lancar sudah bisa tahu kabar yang berbeda wilayah.
Baca juga: 9 Bisnis Online Tanpa 'Modal' yang Bisa Cuan untuk Tahun 2023 |
Manfaat media sosial di era digital
Lalu, apa saja manfaat media sosial di era digital? Jika dilihat dari aspek komunikasi, media sosial memudahkan orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman dan keluarga, bahkan dari jarak yang jauh. Hal ini dapat memperkuat hubungan antarindividu dan membangun jaringan sosial yang luas.Sementara dilihat dari aspek bisnis, media sosial dapat membantu bisnis mempromosikan produk dan jasa mereka dengan mudah dan murah, serta memperluas jangkauan pasar mereka. Hal ini dapat membantu bisnis untuk tumbuh dan berkembang. Serta dari aspek kesehatan, media sosial dapat membantu orang mencari dukungan dan informasi kesehatan, serta memotivasi mereka untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.
Sedangkan dari aspek sosial, media sosial dapat membantu orang untuk menyebarkan pesan sosial dan politik yang penting, serta mengorganisir aksi sosial secara online. Hal ini dapat membantu orang untuk mencapai tujuan sosial yang lebih besar. Lalu dari aspek hiburan media sosial dapat memberikan hiburan dan kesenangan, seperti menonton video lucu atau membaca konten kreatif yang dibagikan oleh pengguna lain.
"Dari aspek karier, media sosial dapat membantu orang untuk membangun profil profesional mereka, menjalin hubungan bisnis, dan menemukan pekerjaan atau kesempatan karier baru," tuturnya.
Terkait keuntungan di sektor bisnis, Lodewijk menyampaikan banyak orang sukses yang membangun bisnisnya melalui media sosial, maka dari itu pentingmya kita membangun bisnis melalui media sosial.
"Melalui media sosial, konsumen bisa berkomunikasi secara langsung terkait produk yang dijual. Sebagai pengusaha, bisa langsung memberi feedback kepada konsumen secara interaktif dan cepat. Manfaat media sosial sebagai alat pemasaran digital pertama, menjangkau target audiens secara tepat. Kedua, memberikan peluang untuk berinteraksi dengan konsumen. Ketiga, meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan konsumen. Terakhir, memberikan informasi yang akurat dan relevan tentang produk atau jasa. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran bisnis digital maka pelaku bisnis dapat memudahkan pemasaran, penyebaran yang cepat, jangkauan yang luas," pungkasnya.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News