Ilustrasi live shopping. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Ilustrasi live shopping. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Live Shopping Jadi Tren Belanja Online Warga +62

Annisa ayu artanti • 11 Juli 2023 14:55
Jakarta: Tren pemasaran dan pola belanja konsumen di Indonesia terus berkembang dengan munculnya berbagai metode penjualan inovatif yang dilakukan oleh para pemilik merek. 
 
Salah satu metode yang kini mendapatkan popularitas tinggi adalah live commerce atau penjualan produk secara daring melalui sarana penyiaran langsung (live streaming).
 
Metode penjualan ini mendapatkan daya tarik yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia melalui kemudahan akses serta beragam penawaran menarik. 
 
Data Jakpat menunjukkan terdapat 83,7 persen masyarakat Indonesia pernah menonton live shopping.
 
Dalam misi memanfaatkan potensi pasar besar ini, SIRCLO kini menghadirkan layanan live commerce demi mendukung pemilik merek dalam mengaktivasi pemasarannya di platform TikTok Shop. 
 
Asal tau saja, di antara sejumlah deretan marketplace yang menyediakan fitur live commerce, TikTok telah mencapai posisi yang unggul dalam kategori ini. Meraih peringkat kedua dengan jumlah pengguna TikTok terbanyak dunia, platform ini terbukti sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dengan pengalaman berbelanja interaktif dan hiburan yang menyenangkan dalam satu platform sekaligus. 
 
"Sebagai omnichannel commerce enabler yang terintegrasi dengan TikTok Shop melalui Application Programming Interface (API), kami telah membantu banyak pemilik merek dalam mengoptimasi fitur TikTok Shop," kata CEO Enterprise Solutions SIRCLO Danang Cahyono dalam siaran pers, Selasa, 11 Juli 2023.
 
Baca juga: Survei: E-shopaholics Capai 14% dari Populasi Pembelanja Online di Indonesia 
 
Danang juga menyampaikan, dalam era yang semakin berkembang dan kompetitif ini, SIRCLO berkomitmen untuk terus berinovasi dan menjadi mitra yang handal bagi pemilik merek dalam memanfaatkan tren live commerce dan mewujudkan kesuksesan di pasar yang dinamis. 
 
Live commerce merupakan solusi komprehensif yang menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemilik merek dalam meningkatkan eksistensi mereka di kanal social commerce yang berbasis video vertikal. Dengan demikian, pemilik merek dapat memanfaatkan serta menjadikan live commerce sebagai kanal penjualan yang sangat potensial dan efektif.
 
Selain menyediakan layanan produksi live commerce streaming yang memungkinkan pemilik merek untuk menjual secara langsung, SIRCLO turut menawarkan layanan pembuatan video singkat yang dikhususkan untuk kebutuhan pemasaran pemilik merek di platform media sosial. 
 
Dengan memanfaatkan video singkat yang menarik minat, pemilik merek dapat menciptakan konten yang berhasil menarik perhatian konsumen dan meningkatkan minat terhadap merek mereka. 
 
Video singkat yang dioptimalkan secara khusus untuk kanal media sosial diyakini memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan yang padat dan efektif, memancing rasa ingin tahu konsumen, dan mendorong interaksi yang lebih besar. 
 
"Melalui strategi pemasaran audiovisual, pemilik merek dapat memperkuat kesadaran merek, serta meningkatkan tingkat konversi penjualan," ungkapnya. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan