"Keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama kami, petugas kami terus bersiaga untuk memonitor banjir, setelah surut dan dipastikan aman, baru kami nyalakan. Dan sekarang pelanggan di Manado kembali menikmati listrik PLN," ucap General Manager Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Leo Basuki dilansir dari laman resmi PLN, Kamis, 21 Januari 2021.
PLN melakukan inspeksi jaringan serta pemeriksaan, pembersihan, dan pengeringan gardu distribusi sebelum menyalakan aliran listrik. Selain itu, PLN juga memastikan wilayah yang dipasok oleh gardu distribusi sudah tidak mengalami banjir.
Dalam penyalaan kembali aliran listrik ke pelanggan, PLN juga telah mendapatkan persetujuan dari kepala lingkungan dan tokoh masyarakat setempat. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan.
Selama memulihkan kelistrikan, PLN menerjunkan 138 personil untuk memulihkan 795 gardu distribusi yang terdampak banjir dan longsor.
"Selama tiga hari proses perbaikan, PLN melakukan segala upaya untuk memulihkan sistem kelistrikan, seperti penggantian tiang dan trafo serta penarikan jaringan dengan cepat. Kini pelayanan untuk pelanggan di Manado sudah dapat kembali normal," tambah Leo.
Dirinya menambahkan, saat ini PLN masih melakukan pemantauan terhadap dua pelanggan besar di kawasan Megamas Manado untuk proses pembersihan kabel tanah yang tersapu gelombang air laut
Leo juga mengimbau agar warga tetap berhati-hati dan memastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya hubungan singkat atau korsleting.
Jika pelanggan membutuhkan layanan PLN dapat dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore dan AppStore, Contact Center PLN 123, ataupun melalui media sosial PLN 123.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News