Ilustrasi penyaluran KUR perikanan - - Foto: dok MI
Ilustrasi penyaluran KUR perikanan - - Foto: dok MI

Capai Rp4 Triliun, Realisasi KUR Kelautan dan Perikanan Melebihi Target

Ekonomi Kredit kur Kementerian Kelautan dan Perikanan
Suci Sedya Utami • 13 November 2020 15:44
Jakarta: Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di sektor Kelautan dan Perikanan mencapai Rp4,03 triliun. Jumlah itu melebihi target yang ditetapkan pemerintah yakni sebesar Rp3 triliun.
 
"KKP optimistis angka realisasi KUR dapat terus meningkat hingga mencapai Rp4,5 triliun pada akhir Desember 2020," kata Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti dalam keterangan resminya, Jumat, 13 November 2020.
 
Ia menjelaskan capaian ini meningkat sebesar 13,8 persen dari realisasi KUR pada periode yang sama pada 2019 yang sebesar Rp3,54 triliun. Meski sempat mengalami perlambatan pada triwulan kedua 2020, realisasi KUR meningkat signifikan dari Rp2,04 triliun pada Juli 2020 menjadi Rp3,52 triliun pada September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KKP optimistis angka realisasi KUR dapat terus meningkat hingga mencapai Rp4,5 triliun pada akhir Desember 2020," terang dia.
 
Adapun KUR tersebut disalurkan kepada 130.278 pelaku usaha yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan dengan sebaran 33,4 persen pengolah dan pemasar, 31,9 persen pembudidaya, 26,5 persen nelayan, 8,06 persen jasa kelautan, dan 0,15 persen petambak garam.
 
Ia bilang KKP menetapkan pertumbuhan debitur KUR sektor kelautan dan perikanan sebesar lima persen di 2020. Jika dibandingkan dengan jumlah debitur pada Desember 2019, target pertumbuhan debitur ini telah terlampaui hingga 6,5 persen.
 
"Capaian KUR ini tentu juga tidak terlepas dari sinergi antara KKP dengan perbankan penyalur KUR (Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Mandiri) yang tergabung dalam Pokja Kredit Program Sektor Kelautan dan Perikanan," tutur dia.
 
Lebih lanjut upaya yang dilakukan KKP dan perbankan dalam menjaring calon debitur potensial di antaranya melalui pengembangan klaster usaha perikanan, temu bisnis antara pelaku usaha dan penyalur KUR, sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh dinas dan penyuluh perikanan, serta penjaringan debitur potensial secara daring melalui lamanbit.ly/aksesmodal_KKP.

 
Selain itu, peluncuran program Pasar Laut Indonesia yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada 6 November 2020, bersamaan dengan peresmian Pasar Ikan Modern (PIM) Palembang juga turut meningkatkan debitur KUR.
 
Sebanyak 1.300 UMKM telah bergabung dalam program tersebut dan mendapatkan kemudahan untuk memasarkan produknya secara digital, serta diberikan pembinaan dan pendampingan, termasuk didalamnya pembiayaan.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif