Ilustrasi Istana Mini Banda Neira - - Foto: dok Kemenparekraf
Ilustrasi Istana Mini Banda Neira - - Foto: dok Kemenparekraf

Istana Mini Banda Neira Bakal Disulap Jadi Istana Kepresidenan

Ekonomi Cagar Budaya Kemenparekraf peninggalan Belanda
Insi Nantika Jelita • 18 April 2022 21:48
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung upaya revitalisasi Istana Mini Banda Neira sebagai Istana Kepresidenan di Indonesia bagian Timur.
 
Istana Mini Banda Neira merupakan salah satu bangunan cagar budaya peninggalan masa kolonial, yang didirikan oleh Belanda pada 1622. Istana Mini ini difungsikan sebagai tempat tinggal pejabat VOC dan digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah.
 
"Kemenparekraf siap mendampingi dan mendorong Istana Mini Banda Neira untuk dijadikan Istana Kepresidenan," kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu dalam siaran pers, Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf Wawan Gunawan mengatakan, pihaknya akan fokus menjadikan destinasi wisata di Kepulauan Banda agar layak dikunjungi kepada wisatawan.
 
Kepulauan Banda dinilai memiliki potensi besar dalam pariwisata, seperti keindahan wisata alamnya, geopark, wisata budaya dan lainnya
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Marcus Jozef Pattinama berharap revitalisasi Istana Mini Banda Neira tetap dapat mempertahankan keasliannya.
 
Sebab, kata dia, sisi historis Kepulauan Banda dianggap penting dan menarik untuk diangkat sebagai salah satu modal utama pengajuan Istana Mini Banda Neira sebagai Istana Kepresidenan.
 
"Penetapan Banda sebagai lokomotif pariwisata Maluku sehingga seyogyanya antara provinsi dan kabupaten/kota seiya sekata dan satu langkah demi Maluku yang maju,” ujarnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif