Ilustrasi Ekspor Batu Bara. Foto : MI/Syahrul Karim.
Ilustrasi Ekspor Batu Bara. Foto : MI/Syahrul Karim.

Pasokan Batu Bara untuk Pembangkit Listrik PLN Masih Aman

Ekonomi Pembangkit Listrik batu bara PLN ramadan Kementerian ESDM PLTU Lebaran 2022
Eko Nordiansyah • 20 April 2022 19:51
Banten: PT PLN (Persero) memastikan pasokan batu bara untuk pembangkit listriknya dalam kondisi aman. Meskipun dalam beberapa waktu terakhir, harga batu bara mengalami lonjakan seiring kenaikan harga komoditas secara global.
 
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan PLN menjamin pasokan listrik nasional dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyambut hari raya Idulfitri 1443 Hijriah.
 
"Pasokan batu bara aman walaupun harga internasional naik terus, tapi kami terus lakukan monitoring day to day," kata dia ditemui usai Apel Siaga Idulfitri di PLTU Suralaya, Cilegon, Banten, Rabu, 20 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, total kapasitas pembangkit terpasang di Indonesia mencapai 64,3 gigawatt (GW). Untuk mendukung operasional pembangkit, PLN memastikan pasokan energi primer seperti batu bara, gas dan bahan bakar minyak dalam kondisi aman dengan HOP di atas 15 hari.
 
"Rata-rata stok batu bara kami yang sempat mengalami krisis, saat ini di atas 21 hari, pasokan aman," ungkapnya.
 
Darmawan mengungkapkan, pihaknya siap untuk menghadapi momentum lebaran kali ini. Para pimpinan di setiap provinsi juga telah menyampaikan kesiapannya dalam menghadapi kebutuhan listrik selama Lebaran tahun ini.
 
"Kami siap menghadapi Lebaran, agar Lebaran kali ini bisa berjalan lancar, listriknya andal, tidak ada gangguan, tanpa ada pemadaman," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif