Ilustrasi Pupuk Indonesia. Foto: dok Pupuk Indonesia.
Ilustrasi Pupuk Indonesia. Foto: dok Pupuk Indonesia.

Pupuk Indonesia Seragamkan Produk Retail Urea

Ekonomi pupuk pupuk subsidi pupuk indonesia Transformasi Bisnis
Husen Miftahudin • 28 Desember 2021 22:02
Jakarta: PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan penyeragaman produk retail urea dan NPK dengan brand baru, yaitu Urea Nitrea dan NPK Phonska Plus 16-16-16. Kedua brand ini diluncurkan dalam rangka semakin memudahkan akses pelanggan terhadap produk retail Pupuk Indonesia.
 
"Melalui penetapan kedua brand urea dan NPK ini, kami harap para pelanggan, khususnya petani, dapat semakin mudah memperoleh produk kami, terutama untuk produk retail dan komersil," ucap Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman dalam keterangan resminya, Selasa, 28 Desember 2021.
 
Saat ini, menurut Bakir, terdapat sekitar 100 varian produk urea dan NPK nonsubsidi yang dimiliki oleh Pupuk Indonesia Grup. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pengelolaan brand yang dapat menjadi acuan dalam menentukan strategi perusahaan ke depan. Langkah ini penting untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan yang lebih penting, produk ini nantinya harus tersedia dan mudah didapatkan oleh masyarakat terutama yang membutuhkan pupuk nonsubsidi," tegasnya.
 
Bakir menerangkan, penetapan kedua brand tersebut didasari karena brand Nitrea dan NPK Phonska Plus sudah cukup dikenal masyarakat. Single branding ini akan memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi produk pupuk yang saat ini masih diproduksi oleh kelima produsen pupuk dengan brand-nya masing-masing.
 
"Walaupun nantinya kemasan berubah, Pupuk Indonesia menjamin kualitas produk tetap sama, bahkan ke depan dapat ditingkatkan. Single branding ini juga bagian dari program transformasi bisnis Pupuk Indonesia yang berkomitmen untuk lebih fokus pada pelanggan," paparnya.
 
Dengan adanya single branding, berbagai dampak dari multibrand diharapkan dapat tereliminasi. Dengan demikian brand dari produk yang dimiliki setiap anak perusahaan juga sudah saling terkonsolidasi.
 
Dengan begitu, tutur Bakir, loyalitas pelanggan terhadap Pupuk Indonesia grup pun dapat semakin meningkat. Biaya promosi pun dapat ditekan karena fokus terhadap satu brand saja.
 
"Kami berharap dengan peluncuran single branding Phonska Plus dan Nitrea, Pupuk Indonesia Grup dapat menjadi market leader baik di pasar domestik maupun internasional. Ke depan, kita harus berpikir untuk menciptakan produk single branding lainnya, serta memiliki standar kualitas produk yang sama," tutup Bakir.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif