Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan). FOTO: Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan). FOTO: Kementan

Mentan Dorong Petani Jagung NTT Manfaatkan KUR

Ekonomi Kementerian Pertanian jagung
Ilham wibowo • 23 September 2020 10:08
Jakarta: Pemanfaatan akses permodalan diyakini bisa mendukung petani di sentra produksi jagung Nusa Tenggara Timur (NTT). Peningkatan produktivitas bakal mempercepat program pengembangan pertanian berbasis korporasi dan klaster.
 
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa peningkatan luas tanam juga perlu diupayakan agar memenuhi kebutuhan dalam negeri dan meningkatkan volume ekspor. Beberapa sentra penghasil jagung saat ini sudah mencapai target produktivitas sekitar 8-9 ton per hektare (ha), walaupun rata-rata produktivitas jagung lokal masih sekitar 6,4 ton per ha.
 
"Kementan memberikan bantuan sarana produksi, alat pra panen dan pasca panen serta mendorong para petani untuk menggunakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR)," kata Syahrul, melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 23 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi menambahkan bahwa pihaknya mengimplementasikan Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Korporasi (Propaktani). Kawasan Sumba Tengah di NTT pun saat ini masuk di program pengembangan food estate.
 
"Di NTT khususnya Kabupaten Sumba Tengah ini kami akan menggenjot produksi jagung dan tanaman pangan lainnya, hingga kesejahteraan masyarakat dengan pengembangan pertanian berbasis korporasi," papar Suwandi.
 
Propaktani tersebut akan terintegrasi on farm dan hilir sampai industri turunan hingga pemasaran. Ia mengharapkan sinergi pemerintah daerah bisa turut membangkitkan pertanian yang lebih modern.
 
"Jagung dari NTT dapat memasok dalam negeri dan bahkan ekspor. Dengan demikian, melalui program korporasi petani jagung ini kesejahteraan masyarakat terus kita tingkatkan," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif