Ilustrasi truk berbahan bakar LNG. Foto: Subholding Gas
Ilustrasi truk berbahan bakar LNG. Foto: Subholding Gas

Cara Ini Bikin Penyaluran Gas Bumi di Indonesia Bisa Merata

Annisa ayu artanti • 25 Januari 2023 16:00
Jakarta: Penggunaan gas bumi sebagai energi ramah lingkungan terus diperluas. Pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor saat ini masif digalakkan mulai dari industri, komersial hingga transportasi.
 
Setelah berhasil menerapkan sistem Diesel Dual Fuel (DDF) pada truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Pertamina, Subholding Gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersama dengan anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) mulai menerapkan penggunaan Liquified Natural Gas (LNG) atau gas bumi dalam bentuk cair untuk truk pengangkut bahan bakar gas.
 
Di tempat terpisah, Direktur Utama Gagas Muhammad Hardiansyah menjelaskan, uji coba truk LNG ini merupakan salah satu upaya memperluas pemanfaatan gas bumi khususnya untuk sektor transportasi.
 
Baca juga: Selangkah Menuju Pemakaian Energi Bersih B35, Pengguna B30 Jangan Khawatir
 
"Kami mendukung 100 persen upaya Pertamina dalam pemanfaatan energi ramah lingkungan dan bebas subsidi. Pemanfaatan gas bumi sektor transportasi ini akan membantu pemerintah dalam menekan subsidi energi juga membantu pemerintah dalam menjalankan peta biru pencapaian target komitmen menuju Net Zero Emission," jelas Hardiansyah dalam keterangan tertulis, Rabu, 25 Januari 2023.
 
Lebih lanjut, Hardiansyah juga menambahkan inisiatif ini juga merupakan bagian dari upaya dan dukungan Subholding Gas dalam rangka menurunkan tingkat emisi dan biaya logistik nasional untuk peningkatan daya saing produk dan jasa nasional yang diharapkan dapat berdampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi nasional.
 
Uji coba dilaksanakan pada Minggu, 15 Januari 2023, dengan melakukan tiga unit truk yang membawa LNG Semitrailer 40 feet, Mobile Refueling Unit (MRU) LNG dan Gas Transport Module (GTM) CNG 20 feet yang melakukan perjalanan dari Jakarta-Surabaya-Jakarta. Uji coba ini dilakukan selama lima hari menggunakan truk dengan kapasitas tabung bahan bakar LNG 1.000 liter LNG.
 
"Seluruh proses uji coba penggunaan LNG pada truk telah berhasil dilakukan. Seluruh truk LNG telah tiba di Surabaya dengan aman, tanpa kendala dan menunjukkan performa seperti yang diharapkan," ujarnya.
 
Dengan berhasilnya uji coba ini Subholding Gas berhasil mengoperasikan truk berbahan bakar LNG pertama di Indonesia.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif