Petugas Pertamina tengah membersihkan tumpahan minyak di perairan Karawang - - Foto: dok Pertamina
Petugas Pertamina tengah membersihkan tumpahan minyak di perairan Karawang - - Foto: dok Pertamina

Pipa Bawah Laut Pertamina Bocor, Minyak Berceceran hingga Karawang

Ekonomi Pertamina Pipa Pertamina Tumpahan Minyak
Suci Sedya Utami • 23 April 2021 15:23
Karawang: Kebocoran pipa bawah laut di sekitar area BZZA, sumur minyak yang dioperasikan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) sampai hingga ke Karawang.
 
Setidaknya delapan barel minyak tumpah hingga perairan Karawang tepatnya di pesisir pantai Desa Cemara Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Menyikapi laporan ini, PHE ONWJ langsung pembersihan area pantai. Dengan dukungan dan bantuan masyarakat, PHE ONWJ mengumpulkan ceceran minyak tersebut.
 
Manager Communication Relations & CID Hari Setyono menjelaskan sebelumnya PHE ONWJ telah melakukan pengamanan dan perbaikan pipa sehingga dipastikan tidak ada lagi ceceran minyak yang keluar. Tim penanganan juga mengerahkan beberapa kapal untuk melakukan pembersihan minyak di area laut. Pemantauan pun terus dilakukan melalui laut dan udara mengikuti trayektori model tumpahan minyak (MOTUM) termasuk fasilitas produksi PHE ONWJ dan area potensial lainnya.
 
“Sisa minyak yang ada di perairan kami kejar dan lakukan eliminasi secara langsung. Untuk kegiatan ini kami mendapat support penuh dari nelayan yang berkeinginan untuk terlibat dalam pembersihan. Tentu kami sambut baik dan akan bekerja sama dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan kerja,” kata Hari dalam keterangan resmi, Jumat, 23 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam penanganan kejadian ini, komunikasi dan koordinasi juga telah dilakukan oleh PHE ONWJ dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Ditjen Migas, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), DLHK Kabupaten, KSOP Kepulauan Seribu dan instansi lainnya.

 
Sebagai informasi, SKK Migas memperkirakan dampak dari kebocoran ini yaitu kehilangan produksi sekitar 6.000 barel per hari (bph) dari sumur produksi Zulu, Papa, dan Mike-Mike. Adapun sebagian produksi dari Mike-Mike dialihkan ke pipa.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif