Ridwan Kamil resmikan penataan kawasan Sungai Kalimalang Bekasi. Foto: Istimewa.
Ridwan Kamil resmikan penataan kawasan Sungai Kalimalang Bekasi. Foto: Istimewa.

Ridwan Kamil Resmikan Penataan Kawasan Sungai Kalimalang Bekasi

Ekonomi ridwan kamil sungai wisata
Eko Nordiansyah • 20 April 2022 22:31
Jakarta: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan penataan kawasan Sungai Kalimalang, Kota Bekasi. Tak hanya sekadar dilirik saat melintas, sisi utara dan selatan Kalimalang sudah dapat dinikmati menjadi ruang interaksi sosial, bahkan menjadi destinasi wisata baru. 
 
"Yang dulu Kalimalang hanya sekadar dilirik sambil lewat sekarang bisa dinikmati, khususnya sore sampai malam hari. Ini tempat istirahat atau ngabuburit," kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.
 
Menurut Kang Emil, sapaan akrabnya, sungai yang melintasi peradaban seperti Kalimalang memiliki nilai berharga yang harus dimanfaatkan. Sehingga tidak hanya mengalirkan air sungai, melainkan juga mempunyai fungsi sosial. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau aliran sungainya di gunung biarkan saja natural, tapi kalau sudah melewati pusat kota, sungai menjadi mahal harganya dan harus mempunyai fungsi sosial," tuturnya. 
 
Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen memulai penataan Kalimalang pada 2019 dengan mengusung tema futuristik. Proyek penataan Kalimalang sempat dihentikan pada 2020 karena pandemi covid-19 namun kini akan dilanjutkan kembali. 
 
"Nanti akan dilanjutkan tahap 2, 3, 4 seiring tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) beres karena kalau dibangun sekarang takutnya nanti terbongkar dan rusak lagi," ujar dia. 
 
Pada penataan tahap 1 ini pengerjaan akan terus disempurnakan tak hanya estetikanya, melainkan juga fungsi lingkungan supaya tetap terjaga. Rencana masalah pencemaran dan kekumuhan akan diselesaikan dengan penanaman pohon agar kawasan lebih teduh. 
 
Kang Emil mengungkapkan, yang paling ikonik adalah akhir tahun ini akan dibangun jembatan penghubung sisi utara dan selatan Kalimalang, sehingga warga tak perlu harus memutar. Selain itu, desain jembatan tersebut bisa saja seperti jembatan cinta di Paris yang dipenuhi kunci gembok.
 
Selama dua tahun ini, Pemprov Jawa Barat sudah membangun revitalisasi Alun-alun Kota Bekasi, Gedung Creative Center, revitalisasi pasar tradisional, hingga penataan Kalimalang. Ia berharap Kota Bekasi semakin maju, manusiawi, kreatif dan religius.
 
"Kota Bekasi banyak tempat yang belum tersentuh untuk dijadikan ruang publik. Padahal ciri kota bahagia itu warga banyak keluar menikmati ruang publik dengan nyaman dan tanpa rasa takut," pungkasnya.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif