Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

Kumpulkan Zakat Rp33 Miliar, BSI Terus Perkuat Ekosistem Islam

Ekonomi islam Zakat Ekspor-Impor e-commerce Bank Syariah Indonesia
Husen Miftahudin • 28 April 2022 13:34
Jakarta: PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berkomitmen untuk memperkuat kinerja berkelanjutan. Tahun ini, BSI akan fokus ke dalam sembilan segmen utama pengembangan ekosistem Islam.
 
Segmen tersebut di antaranya dilakukan dengan mengoptimalisasi ekosistem masjid, haji dan umrah, ZISWAF, lembaga pendidikan berbasis Islam, industri fesyen dan e-commerce, industri makanan dan minuman, kesehatan, ekspor impor, serta wisata halal.
 
Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, keberhasilan menyasar ekosistem Islam ini tercermin dari pertumbuhan zakat perusahaan yang tumbuh 22 persen (yoy) menjadi Rp33 miliar. Jumlah Number of Account (NOA) Lembaga Pendidikan mengalami kenaikan 45 persen (yoy), serta tumbuhnya ekosistem masjid lebih dari 30 ribu NOA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini tentu menjadi segmen potensial yang harus terus digarap oleh Bank Syariah Indonesia yang memang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dalam pengembangan ekosistem halal dan ekosistem muslim," ujar Hery dalam keterangan tertulis, Kamis, 28 April 2022.
 
Terkait inovasi layanan digital, pengguna BSI Mobile hingga Maret 2022 telah mencapai 3,77 juta user aktif atau tumbuh 124 persen (yoy). Jumlah pengguna yang semakin meningkat diakibatkan perubahan perilaku masyarakat yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM, maupun Internet Banking.
 
"Secara keseluruhan, lebih dari 96 persen nasabah sudah mulai digital savvy karena mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM, maupun Internet Banking," tuturnya.
 
Strategi digitalisasi yang ditempuh BSI mendorong dampak positif yakni jumlah transaksi BSI Mobile mencapai 55,11 juta, tumbuh signifikan sekitar 276 persen (yoy). Hal ini mendorong pertumbuhan fee based income menjadi Rp58,94 miliar.
 
"BSI juga serius menghadirkan beyond banking dalam satu genggaman melalui BSI Mobile melalui fitur-fitur inovatif yang akan terus dikembangkan seperti biometric, transaksi yang lengkap, fitur islami, pelunasan haji dan pembayaran umrah, gadai dan pembiayaan emas, serta QRIS," tutup Hery.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif