Ilustrasi. FOTO: Tokopedia
Ilustrasi. FOTO: Tokopedia

Tokopedia Catat Transaksi Terus Meningkat Jelang Akhir 2021

Angga Bratadharma • 30 Desember 2021 11:04
Jakarta: Tokopedia mengungkapkan ada sejumlah temuan menarik tentang perilaku belanja daring masyarakat, khususnya di barat Indonesia jelang akhir 2021. Kondisi itu sejalan dengan belanja daring terus menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka.
 
"Kami mencatat adanya peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat, khususnya di wilayah barat Indonesia selama menjelang akhir 2021 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya," kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 30 Desember 2021.
 
Peningkatan ini didorong oleh berbagai inisiatif yang telah diluncurkan oleh Tokopedia, salah satunya inisiatif Hyperlocal beserta serangkaian turunan programnya yang terus meningkatkan antusiasme masyarakat untuk belanja online.

Inisiatif Hyperlocal disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah dan bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat supaya masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien, serta memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh.
 
Khusus di wilayah barat Indonesia, kategori rumah tangga, kesehatan dan perawatan diri, makanan dan minuman, serta elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia menjelang akhir 2021.
 
Di sisi lain, jumlah penjual di Tokopedia juga mengalami peningkatan. Tokopedia mencatat peningkatan jumlah penjual hampir 1,5 kali lipat, khususnya di wilayah barat Indonesia selama menjelang akhir 2021 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.
 
Verne Indonesia, merupakan salah satu contoh pegiat usaha dari Surabaya yang menjual beragam produk kerajinan dari kulit sapi. Ia mengaku saat ini Tokopedia menjadi jalur utama untuk penjualan dan setiap bulan dirinya bisa melayani 50 sampai 60 pesanan.
 
"Dan kami mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.” jelas Manager Verne Indonesia Marsetio Hariadi.
 
Ekhel mengatakan Tokopedia kedepannya akan terus berkomitmen dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi. "Kami akan terus berusaha untuk berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik," tutup Ekhel.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan