Ilustrasi perputaran uang di daerah saat mudik Lebaran - - Foto: Medcom/ Roni Kurniawan
Ilustrasi perputaran uang di daerah saat mudik Lebaran - - Foto: Medcom/ Roni Kurniawan

Perputaran Uang saat Mudik Genjot Ekonomi Desa

Ekonomi Penukaran Uang ekonomi daerah konsumsi rumah tangga Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Insi Nantika Jelita • 26 April 2022 17:36
Jakarta: Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menuturkan, mudik Lebaran akan memberikan dampak positif ekonomi dari kota ke desa.
 
Hal tersebut disebabkan adanya peningkatan perputaran uang dari pemudik yang membelanjakan uangnya di desa untuk keperluan konsumtif dan sebagainya.
 
"Hal ini bakal langsung atau tidak menggerakkan ekonomi di desa sehingga perputaran uang di desa makin tinggi," ujarnya dalam keterangan yang dikutip Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tengah mempersiapkan instrumen untuk menghitung tingkat perputaran uang di desa-desa yang dominan basis migrannya.
 
"Kita sedang kembangkan instrumen agar bisa menghitung perputaran duit di desa, utamanya di desa-desa yang memang terkenal dengan basis migran. Tiap tahunnya dihitung oleh Bank Indonesia," jelas Halim.

 
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pun menggandeng Bank Indonesia dalam layanan penukarang uang rupiah dengan pecahan dari Rp1.000 hingga Rp20 ribu.
 
Menurutnya, semakin besar peredaran uang di suatu daerah, ekonomi masyarakat desanya juga ikut menggeliat, sektor usaha kecil dan menengah tumbuh, pariwisata akan semakin hidup, serta pada akhirnya sumber-sumber ekonomi di daerah tersebut tumbuh.
 
”Saya imbau pegiat dan masyarakat desa terus berinovasi agar dana mudik menggerakkan ekonomi desa yang terus berkelanjutan," ucapnya.
 
Penukaran uang ini dinilai penting karena selama masa pandemi covid-19 membuat warga negara tidak bisa menjalankan tradisi pada Idul Fitri yaitu halal bihalal dan membagikan rezeki berupa uang baru kepada sanak famili dan tetangga.

 
"Pemerintah telah mencairkan THR bagi ASN pada 2022, hal ini sangat disambut baik oleh seluruh ASN dan menandakan pemulihan ekonomi," tuturnya.
 
Gus Halim kemudian sedikit berseloroh bahwa uang disiapkan untuk Kemendes PDTT sebesar Rp1 Miliar itu terhitung kecil karena selama dua tahun sebelumnya uang itu tidak dikeluarkan dan tersimpan di rekening.
 
"Tapi karena alokasi seperti itu yah tidak masalah. Saya yakin nanti saat mudik pasti masih akan tukar uang lagi," ucapnya

 
Sementara itu, Direktur Eksekutif-Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menerangkan, ada 600 titik mobil penukaran milik BI. "Tapi ada juga sekitar 5.000 Perbankan Indonesia lakukan penukaran rupiah jadi jangan takut tidak peroleh uang baru," tutupnya. 
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif