Ilustrasi. Foto: dok. Pertamina Internasional Shipping
Ilustrasi. Foto: dok. Pertamina Internasional Shipping

Pertamina Internasional Shipping Siapkan USD1,6 Miliar untuk Pengembangan Bisnis

Desi Angriani • 29 Desember 2021 11:51
Jakarta: PT Pertamina Internasional Shipping (PIS) menyiapkan dana sebesar USD1,5 miliar-USD1,6 miliar untuk pengembangan dan investasi bisnis perusahaan hingga 2030.
 
CEO Pertamina Internasional Shipping Erry Widiastono mengatakan kebutuhan investasi tersebut akan dipenuhi dari internal equity maupun mencari sumber pendanaan lain atau new capital injection.
 
"PIS akan mengantisipasi perkembangan ke depan untuk arah bisnis perkapalan, pada kapal-kapal yang lebih hijau. Misalnya kapal-kapal untuk pengangkutan gas seperti LPG, LNG, dan lainnya. Nantinya kami akan lihat juga perkembangan lebih lanjut di sektor renewable energy," ujar Erry dalam keterangan resmi, Rabu, 29 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai Subholding Integrated Marine Logistics dari PT Pertamina (Persero), PIS memiliki peluang menjadi jembatan transisi energi. Apalagi kehadiran energi baru dan terbarukan atau renewable energy menjadi kebutuhan di masa mendatang.
 
"Kami harapkan pascapandemi ini akan bergerak tumbuh, dan ketika tumbuh analisis kami ada juga pertumbuhan konsumsi energi dan berujung ke kebutuhan energi nasional maupun regional," jelasnya.
 
Di sisi lain, PIS tidak hanya melayani jasa pengangkutan untuk komoditas energi seperti crude oil, BBM, dan gas tetapi juga bisnis perkapalan untuk komoditas nonenergi. Ia optimistis, seiring dengan pulihnya ekonomi dunia maka permintaan dan perputaran logistik secara global juga akan terkerek.
 
"Ke depan, bisnis juga lebih mengarah ke green cargo seperti cargo gas. Di sisi bunkering atau fuel juga mengarah kepada fuel yang lebih green seperti LNG dan LPG. Terminal juga mengarah ke green energy, storage juga. Jadi kami memang mengarah ke green energy," pungkasnya.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif