Ilustrasi  Kereta Rel Listrik (KRL) - - Foto: dok KAI
Ilustrasi Kereta Rel Listrik (KRL) - - Foto: dok KAI

Menhub Klaim Waktu Tunggu KRL Semakin Singkat

Ekonomi kereta api KRL transportasi Kementerian Perhubungan
Nia Deviyana • 25 November 2021 12:47
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kualitas pelayanan kereta api kini sudah semakin baik seiring tingginya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. 
 
Budi mencontohkan, jarak waktu antar kereta atau headway Kereta Rel Listrik (KRL) di Jakarta kini sudah semakin menurun angkanya. Artinya, waktu tunggunya pun semakin singkat dan mencegah terjadinya penumpukkan penumpang.
 
"Headway di Jakarta katakanlah lima sampai 10 menit, sekarang sudah turun sehingga kapasitas KRL yang ada di Jakarta semakin baik," ujarnya dalam webinar 15 Tahun DJKA Membangun Perkeretaapian Indonesia, Kamis, 25 November 2021.
 
Begitu juga dengan tingkat keselamatan dan sistem persinyalan yang semakin baik. Budi mengimbau agar pengawasan dan pengujian kereta api ke depan harus lebih ditingkatkan demi keamanan yang lebih baik.
 
Masih dalam kesempatan yang sama, Budi mengatakan untuk transportasi kereta api dirinya mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperlancar konektivitas antarwilayah dan mendukung pariwisata.
 
"Beberapa konektivitas untuk mendukung pariwisata sudah berjalan baik. Jalur ganda di utara sudah ada, kereta bandara di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Solo, Yogyakarta, Jakarta sudah ada. Dari sisi tarif pemerintah juga memberi perhatian besar, memberikan subsidi," pungkasnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif