Ilustrasi driver gojek - - Foto: Istimewa
Ilustrasi driver gojek - - Foto: Istimewa

Survei: Pengemudi Ojek Online Mayoritas Mampu Bertahan

Ekonomi gojek driver Berita Virus Corona Hari Ini
Ilham wibowo • 28 Mei 2020 12:46
Jakarta: Survei terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menunjukkan mayoritas pengemudi ojek online mampu bertahan di tengah pandemi covid-19. Survei tersebut dilakukan terhadap 41.393 mitra pengemudi Gojek.
 
Wakil Kepala LD FEB UI Paksi Walandouw memaparkan mitra Gojek mampu bertahan lantaran dukungan berupa bantuan dari perusahaan sebesar 89 persen.
 
Mereka juga mendapatkan bantuan sosial dari konsumen dengan porsi 21 persen dan dari sesama mitra sebesar lima persen. Bahkan mitra driver turut mendapat bantuan pemerintah akibat terdampak covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hasil riset ini sangat menarik, mengingat pekerja dan ekosistem Gojek sangat terdampak oleh pandemi dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Riset ini menunjukkan di tengah kesusahan yang sedang melanda akibat pandemi, bagian dari ekosistem Gojek masih bergotong royong membantu," kata Paksi melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Menurutnya, bantuan sosial yang mengalir dari Gojek kepada mitra, dari konsumen ke mitra, bahkan antar mitra sangat besar efeknya. Secara keseluruhan hampir semua pengemudi tetap berencana untuk melanjutkan kemitraannya dengan Gojek, dan sebagiannya lagi cenderung optimistis bahwa penghasilan mereka akan kembali seperti sebelum pandemi covid-19.
 
"Semangat saling membantu inilah yang kami lihat sebagai adanya sikap resiliensi, bahu-membahu membantu, sekaligus optimisme bahwa bencana bisa dilewati bersama," ungkapnya.
 
Temuan menarik lainnya, pemberian bantuan dari perusahaan Gojek tersebut direspons positif oleh mitra. Sebagian besar mitra yang mendapat bantuan mengaku merasakan manfaat yang diberikan.
 
"Sebagian mitra (15 persen) memilih untuk memberikan bantuan melalui komunitas pengemudi Gojek atau langsung pada sesama mitra," ucapnya.
 
Adapun riset dilakukan menggunakan survei online dengan metode simple random sampling kepada mitra pengemudi roda dua (GoRide) dan roda empat (GoCar) Gojek yang sudah bergabung selama minimal tiga bulan terakhir.
 
Survei disebar ke seluruh mitra yang memenuhi syarat selama periode pertengahan Mei 2020. Total responden yang dianalisis adalah 41.393 dengan margin of error kurang dari satu persen.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif