Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Juara, 3 Startup Indonesia Ini Lulus dari Program Google, Siapa Saja?

Angga Bratadharma • 19 April 2023 19:09
Jakarta: Sebanyak tiga startup dari Indonesia lulus dari program Google for Startups Accelerator: Asia Tenggara, dan Pakistan. Setelah tiga bulan pendampingan virtual dan dukungan khusus, Noice, Mindtera, dan PasarMIKRO bersama tujuh startup lainnya, lulus dari program selektif dan harapannya bisa tumbuh dan berkembang maksimal di masa mendatang.
 
Program itu ditujukan untuk startup teknologi Seed-to-Series A yang menghadapi beberapa tantangan dan peluang terbesar di kawasan ini. Program akselerator Google memberikan akses terbaik ke komunitas, jaringan, dan teknologi canggih Google untuk membantu startup membuat produk yang luar biasa.

 
"Kami ingin mengucapkan selamat kepada kesembilan startup dari Pakistan dan sekitarnya, termasuk Noice, Mindtera, dan PasarMIKRO dari Indonesia, atas keberhasilan menyelesaikan program yang sangat kompetitif ini," kata Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 19 April 2023.
"Kami sangat terkesan dengan apa yang mereka lakukan, Google, melalui program akselerator kami, dapat mendukung perjalanan mereka," tambahnya.
Baca: Begini Cara LAN Agar Pelanggaran oleh ASN Bisa Berkurang, Apa Saja?

Startup-startup yang berpartisipasi menerima bimbingan dan dukungan khusus dari jaringan mentor global serta akses ke AI/ML, cloud, android, dan pakar web. Program akselerator ini juga mencakup bimbingan mendalam dan workshop yang berfokus pada desain produk, strategi bisnis, akuisisi pelanggan, dan pengembangan kepemimpinan bagi para founder.
 
Saat bekerja dengan PasarMIKRO, Noice, dan Mindtera, Head of Startup Ecosystem (SEA and South Asia Frontier) di Google Thye Yeow Bok menambahkan, terlihat jelas mereka berdedikasi pada misi untuk mengatasi masalah mendesak yang ada di industri masing-masing.
 
"Mereka bekerja sama dengan mentor global dan regional dari Google, untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan bisnis, memvalidasi strategi dan ide baru, serta meningkatkan teknologi pada produk mereka," jelasnya.
 
"Jelas mereka memiliki bakat, pola pikir, dan keahlian yang tepat untuk mewujudkan potensi mereka, dan Google akan terus mendukung upaya kewirausahaan mereka bahkan setelah mereka lulus dari program ini," ujarnya.

Mengimplementasikan ilmu

Product Manager PasarMIKRO Nabilla Kalvina Izumi menjelaskan bagaimana pelatihan telah memberikan banyak ilmu menarik yang bisa diimplementasikan untuk perkembangan perusahaan. "Mentor berpengalaman telah membagikan banyak pelajaran menarik," ucapnya.
 
Co-Founder Mindtera Bayu Bhaskoro mengapresiasi bagaimana program dibuat secara terstruktur dan bisa diaplikasikan untuk memberikan dampak baik bagi pertumbuhan perusahaan. "Semua sesi mentoring memiliki action plan yang jelas dan terukur melalui OKR. Ini membantu mempercepat validasi ide bisnis dan produk yang akan dijalankan," jelasnya.
 
CEO Noice Rado Ardian menyatakan mengikuti program GFS Accelerator sangat membantu startup yang masih berada tahap awal, untuk bisa mempersiapkan fundamental yang kuat dan mencapai product-market fit hingga mempercepat growth yang signifikan.
 
"Saya rasa setiap startup founder di Indonesia harus mencoba mengajukan perusahaannya untuk mengikuti program ini. Tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan juga berbagai macam contoh best practice, melalui program ini para founder juga akan bisa memperluas network dengan para pakar dari Google, mentor, dan juga para founder lainnya," tutup Rado.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif