Ilustrasi pengajuan kegiatan usaha via OSS. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Ilustrasi pengajuan kegiatan usaha via OSS. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Jokowi Pastikan OSS Tak Mengebiri Kewenangan Izin di Daerah

Eko Nordiansyah • 09 Agustus 2021 11:02
Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan proses perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko tidak akan mengebiri kewenangan daerah. Menurut dia, izin yang ada di daerah tetap akan diproses sebagaimana mestinya.
 
"Layanan OSS berbasis risiko tidak untuk mengebiri kewenangan daerah. Tapi justru memberikan standar layanan bagi semua tingkatan pemerintah yang mengeluarkan izin," kata dia dalam peluncuran OSS di Jakarta, Senin, 9 Agustus 2021.
 
Ia menambahkan, perizinan investasi di level daerah akan tetap dilaksanakan oleh pemerintah daerah sesuai dengan tanggung jawabnya. Hanya saja dengan adanya OSS ini akan semakin memperjelas tanggung jawab sekaligus membuat layanan perizinan semakin sinergis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sudah banyak mendengar aspirasi para pelaku usaha dari yang kecil, menengah, sampai yang besar, yang mereka sampaikan semuanya sama. Para pelaku usaha membutuhkan layanan yang mudah, yang cepat, dan yang tidak berbelit-belit," ungkapnya.
 
Jokowi berharap adanya sistem OSS yang sepenuhnya dilakukan secara online ini akan membantu mempercepat proses perizinan investasi. Pada akhirnya investasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
 
"Jika ini terpenuhi, ini saya yakin akan memberikan dampak yang signifikan bagi pergerakan ekonomi nasional maupun di daerah," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif